Selasa, 18 Desember 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Targetkan Kartu Tani 100% Tersalur di 2019

Editor: samian
Kamis, 06 Desember 2018
Hidayatul Khoiriyah
Sekira 55% Kartu tani di Kabupaten Tuban sudah tersalur.

SuaraBanyuurip.comHidayatul Khoiriyah

Tuban- Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tuban, Jawa Timur, menargetkan kartu tani tersalur penuh atau 100% pada 2019 mendatang. Tahun 2018 ini penyaluran sudah mencapai 55%, sehingga tahun depan target 45%.

"45% kartu tani akan kami tuntaskan di tahun depan," ujar Kasi Sarana Produksi Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Tuban, Linggo Indarto, ketika ditemui suarabanyuurip.com di kantornya Jalan Mastrip Tuban, Kamis (6/12/2018).

Linggo menegaskan, pemberian kartu tani yang belum menyeluruh dikarenakan sebagian besar masih dalam proses pembuatan. Pemkab terus mendorong tersalurnya kartu tani sebagai program pemerintah.

“Sudah dalam proses pembuatan sampai sejauh ini," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Penambangan, Kecamatan Semanding, Pandes, menjelaskan, anggotanya sudah mendapat kartu tani. Diharapkan kartu tersebut bermanfaat disaat gagal panen.

“Anggota kami sudah mendapat kartu tani seluruhnya," ungkapnya.

Berbeda dengan Ketua Gapoktan Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Sutikno, memaparkan petani yang menjadi anggotanya belum mendapat kartu tani. Dikarenakan kartu masih dalam proses percetakan.

“Kartu tani kelompok saya belum jadi," bebernya.

Adapun salah satu manfaat kartu tani sebagai media penyalur bantuan sosial dan subsidi, sehingga petani dapat memperoleh pupuk sesuai kuota.

Secara kesuluruhan Kabupaten Tuban memiliki jatah kartu tani sebanyak 191.328 buah. Kartu tani yang sudah tercetak sebanyak 125.057 atau sekitar 65 persen dari target. Sementara kekurangannya masih proses cetak di bank BNI pusat sekitar 66.840 kartu.

Di ketahui, kartu tani ini diklaim sebagai syarat administrasi petani, seperti yang telah dicetuskan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia. Untuk itu diharapkan keseluruhan petani yang terdata harus memiliki kartu tani. (hida)

Dibaca : 581x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan