Senin, 25 September 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Tarik Minat Pendonor Sediakan Souvenir

Editor: nugraha
Jum'at, 12 Juli 2013

SuaraBanyuurip.com  - Totok Martono

Lamongan- Berbagai upaya dilakukan Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (UTP PMI) Lamongan, Jawa Timur untuk menarik pendonor dalam rangka meningkatkan cadangan darah di wilahnya selama bulan ramadhan. Salah satunya adalah menyediakan souvenir bagi setiap pendonor yang mau mendonorkan darahnya.

Pemberian souvenir itu dilakukan karena selama bulan puasa terjadi penurunan jumlah pendonor. Di hari biasa, jumlah pendonor bisa sampai 10 orang. Namun selama puasa ramadhan maksimal hanya 5 pendonor setiap hari.

Adapun souvenir yang disediakan UTD PMII adalah kaos, jus dan jam dinding.

"Kita harapkan dengan cara ini jumlah pendonor bisa bertambah," kata Kepala UTD PMI Lamongan Yuliarto Dwi Martono melalui Kabag Humas dan Infokom Mohammad Zamroni kepada SuaraBanyuurip.com, Jumat (12/7/2013)

Sebenarnya, menurut dia, secara medis, bagi yang berpuasa masih dapat melakukan donor darah saat siang hari. Namun donornya maksimal 11 jam sejak makan sahur. Karena darah yang diambil dari setiap pendonor mencapai 350 cc. Lebih dari itu sangat tidak disarankan," tegas Zamroni.

“Jika sampai terjadi ada pasien yang tidak terlayani kebutuhan darahnya, maka harus ada pendonor dari keluarga," ujar Zamroni.

Untuk diketahui, stok darah untuk darah golongan AB saat ini kosong. Sedangkan golongan A masih ada 31 kantong, golongan B tersisa satu kantong dan golongan O tinggal dua kantong.(tok)

Dibaca : 878x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan