Minggu, 19 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Tekan Kasus HIV/AIDS dengan Perda

Editor: nugroho
Sabtu, 09 September 2017
ririn wedia
Ketua Komisi C DPRD Bojonegoro, Sally Atyasasmi.

SuaraBanyuurip.com - Ririn Wedia

Bojonegoro - Dengan adanya penetapan Peraturan Daerah terkait  Penanggulangan HIV/AIDS dan Tuberkolusis (TB) di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur,  diharapkan bisa menekan kasus HIV/AIDS dan Tuberkulosis (TB) yang mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Ketua Komisi C DPRD Bojonegoro, Sally Atyasasmi menjelaskan perkembangan kasus HIV-AIDS di Bojonegoro memperlihatkan peningkatan yang semakin pesat dengan akselerasi yang semakin menghawatirkan. 

Persebaran kasus AIDS di Kabupaten Bojonegoro pada 2013 tercatat 126 kasus. Jumlah ini menambah daftar panjang kasus di Bojonegoro menjadi 400 terhitung sejak 2002 hingga 2013. 

“Artinya semakin tahun semakin banyak ditemukan kasus-kasus HIV/AIDS di Bojonegoro,” tegasnya.

Dari jumlah 126 kasus di tahun 2013, lanjut Sally, 70% penderitanya merupakan usia produktif antara 30-50 tahun.  Selain kegawatan penanggulangan HIV/AIDS, upaya pengendalian TB juga tak kalah penting.  

Hingga saat ini TB merupakan masalah kesehatan masyarakat di dunia walaupun sejumlah strategi penanggulangan telah dilakukan di banyak negara sejak dua puluh tahun terakhir.

Dengan peningkatan jumlah ini, kata Sally, maka penularan penyakit bukan lagi persoalan epidemiologi. Namun telah menjadi persoalan sosial yang apabila tidak ditangani menimbulkan dampak yang lebih besar.

“Karena dengan banyaknya penduduk usia produktif yang mengidap penyakit maka produktifitas ekonomi menurun,” jelas politisi Partai Gerinda Bojonegoro itu. 

Menurut Sally pertumbuhan ekonomi yang tidak merata mengakibatkan kualitas hidup rendah serta kondisi sosial masyarakat yang heterogen sehingga pada akhirnya memperpanjang mata rantai penularan. 

 

“Dimensi sosial dari penularan penyakit inilah yang hendak diurai melalui peraturan perundang-undangan,” pungkasnya.(rien)

Dibaca : 189x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan