Kamis, 21 September 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Terapkan Catalog Online Pengunjung Meningkat

Editor: samian
Minggu, 18 Oktober 2015
SuaraBanyuurip/Totok Martono
ONLINE : Sejak diaktifkannya catalog online pengunjung perpustakaan meningkat.

SuaraBanyuurip.com - Totok Martono

Lamongan - Mulai diaktifkannya catalog online oleh Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Lamongan, Jawa Timur membuat pengunjung perpustakaan daerah (Perpusda) meningkat hingga 17,57 persen.

Kepala BPAD Lamongan, Hurip Tjahyono melalui Kabag Humas dan Infokom Sugeng Widodo, mengatakan, sampai dengan September 2015 jumlah pengunjung sebanyak 25.691 orang, atau naik 17,57 persen dibanding tahun sebelumnya yang hanya mencapai 21.851 pengunjung.

“Catalog online BPAD yang sudah mulai diaktifkan tahun ini memberi kesempatan masyarakat untuk melihat koleksi Perpusda. Sehingga tingkat kunjungannya meningkat. Ini masih ada tiga bulan tersisa, sehingga pengunjung akan mengalami lonjakan signifikan dibanding tahun lalu," tutur dia.

Keberadaan in list pengunjung yang sudah terkomputerisasi juga membuat data pengunjung Perpusda Lamongan semakin akurat untuk pengembangan fasilitas. Karena setiap pengunjung kini diwajibkan mengisi biodata via in list.

Saat ini Perpusda memiliki koleksi sebanyak 82.494 eksemplar dengan 19.415 judul buku berbeda. Jumlah koleksi itu akan ditambah lagi tahun ini sebanyak 6 ribu eksemplar.

Selain itu, sampai dengan saat ini BPAD telah menyalurkan bantuan buku kepada 53 perpustakaan desa. Kemudian untuk layanan terhadap pengunjung, BPAD juga melakukan jemput bola melalui tiga armada mobil perpustakaan keliling.

Mobil tersebut setiap hari Senin sampai dengan Kamis berkeliling ke sekolah-sekolah. Kemudian pada Hari Jumat ke sejumlah pondok pesantren. Selain itu, salah satu mobil perpustakaan keliling juga dilengkapi alat peraga untuk melakukan kunjungan edukatif ke lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK).

Perpusda Lamongan kini juga menjadi favorit mahasiswa untuk mencari buku referensi. Salah satunya Safitri, mahasiswa sebuah perguruan tinggi swasta di Lamongan yang saat itu bersama lima orang temannya sedang mencari buku referensi untuk mata kuliahnya.

Di bidang pengarsipan, untuk meningkatkan kualitas penyimpanan arsip, BPAD kini memiliki dua unit roll opec. Yakni lemari arsip besi anti api yang dilengkapi dengan kode unik untuk menyimpan arsip permanen atau arsip yang tidak boleh dimusnahkan seperti sertifikat dan akta tanah.(tok)

 

Dibaca : 485x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan