Rabu, 22 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Terentas Dari Belenggu Kekeringan

Editor: samian
Jum'at, 11 September 2015
SuaraBanyuurip.com/Sasongko
KUNJUNG : Untuk memastikan Pandu berkunjung langsung di Desa Jatimulyo.

SuaraBanyuurip.com

Seri.2 selesai.

Panasnya terik Matahari, tidak lantas menghentikan Teguh Widarto dalam bercerita tentang kondisi yang dialami warganya. Sambil sesekali mengusap keringat di wajahnya, pria bertubuh gempal ini, menceritakan, kala itu hatinya terus memberontak, dan menjerit seakan mencambuki secepatnya mampu mengeluarkan derita warga yang selama ini kesulitan mendapat air bersih dalam setiap tahunnya.

"Ya sedih benget, lah. Sebagai pemimpin melihat rakyatnya yang lagi menderita," akunya.

Dengan niat yang kuat dan tulus bertekat bulat dengan berbagai upaya terus dilakukan. Agar bisa mengentas warga dari kesulitan air bersih yang seumur-umur membelenggunya. Upaya yang telah dilakukan diantaranya, permintaan tambahan jatah dropping air bersih dari Pemkab Bojonegoro.

Hingga pada titik terakir mengajukan proposal kepada operator proyek Unitisasi Sumur Gas Jambaran - Tiung Biru (J-TB), Pertamina Eksplorasi dan Produksi Cepu (PEPC) pada 2014. "Isinya tentu permintaan bantuan air bersih, pencarian titik sumber mata air. Alhamdulillah disetujuhi," ungkapnya.

Dalam waktu tidak lama, PEPC bersama desa mencari sumber mata air, dan ditemukan dua titik yang memiliki sumber air yang bagus. Setelah ketemu sumbernya, PEPC langsung membantu pembangunan dua titik sumur, dua torn (tandon air), dan penyambungan pipa saluran rumah warga.

Pertama kali sebagai pemanfaatnya adalah warga yang berada di empat RT di tiga Dusun, yaitu Dusun Kalongan, RT 9 dan RT 10 sebanyak 143 KK, 370 Jiwa, Dusun Kramanan, RT 11 dan RT 12 sejumlah 164 KK, 580 Jiwa, dan sebagian wargaa Dusun Nglambangan, yaitu di RT 06 Puthuk sebanyak 27 KK, 75 Jiwa.

"Bulan Mei 2014 mulai dibangun, bulan Juli 2014 diserahterimakan PEPC kepada Pemdes Jatimulyo. Waktu itu, baru 10 titik jaringan saluran rumah. Lima titik di Kramanan dan lima titiknya lagi di Kalongan," tuturnya.

"Sekarang sudah kami kembangkan menjadi 287 titik jaringan saluran rumah dan satu sumur pengembangan, " jelas pria yang terakir tugas di Sat Intel di Surabaya dengan berpangkat Peltu ini.

Dia menambahkan, saat ini pengembangan pemanfaatan air ke warga desa tetantangga, yaitu sebanyak 28 rumah di Dusun Pepe, Desa Nganti, Kecamtan Ngraho, Bojonegoro. Upaya pengembangan akan terus dilakukan dengan melalui pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Agar kedepan bisa menjangkau ke semua warga Jatimulyo. Bahkan ketetangga desa, dan jika terjadi kerusakan cepat diperbaiki tanpa harus menunggu dari pihak pemanfaat juga pengamanannya terjamin.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada PEPC, dan Pemerintah. Berkat uluran tangannya warga kami sudah tidak kesulitan air bersih lagi. Sehingga, sedikit demi sedikit perekonomian warga juga mulai meningkatan, karena sudah tidak mengantri air bersih seperti beberapa tahun silam," ungkapnya.

"Warga yang menyiramkan air ke sawah itu biar debunya tidak berhamburan, karena mau megadakan acara desa dalam rangka syukuran," pungkasnya yang saat itu juga disaksikan oleh Staff Public Affairs PEPC, Pandu Subiyanto.

Pandu Subiyanto, mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Pemdes Jatimulyo yang terus melakukan pengembangan yang tanpa lelah. Pada dasarnya pemberian bantuan yang dilakukan PEPC sebagai suport, untuk bisa terus dikembangkan bagi warga sekitar yang membutuhkan air bersih.

"Semoga apa yang diberikan PEPC dapat berguna, dan bermanfaat untuk selamanya bagi warga Jatimulyo khususnya, juga warga desa tetangga lain umumnya. Kedepan semakin baik, berkembang luas. Tentunya, semua pihak harus ikut menjaga, merawat agar tidak mudah rusak. Sehingga, dapat dimanfaatkan dengan lancar seterusnya," pesan Pandu Subiyanto. (samian sasongko)

 

Dibaca : 351x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan