Selasa, 23 Oktober 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Tiang Pancang Stadion Tuban Senilai Rp58 Miliar Dipasang

Editor: nugroho
Selasa, 05 Juni 2018
Ali Imron
DIMULAI : Bupati Tuban memecahkan kendi di tiang pancang pertama stadion Bumi Wali.

SuaraBanyuurip.comAli Imron

Tuban- Tiang pancang stadion Bumi Wali komplek Tuban Sport Center (TSC) yang berada di Dusun Widengan, Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, mulai dipasang. 

Pemasangan tiang pertama stadion senilai Rp58 miliar ini, ditandai dengan pemecahan kendi berisi air bunga oleh Bupati Tuban, Fathul Huda didampingi rombongan Forkopimda, pengurus KONI dan tim kontraktor PT Widya Satria.

"Kami minta kontraktor untuk mengutamakan kualitas karena ini proyek yang paling besar ditingkat kabupaten," ujar Bupati Fathul Huda, kepada suarabanyuurip.com di lokasi proyek TSC, Selasa (5/6/2018).

Bupati dua periode ini, meminta selama tenaga lokal memenuhi kriteria harus lebih diutamakan. Proyek ini kedepan akan menjadi kompensasi bagi pemuda Tuban di tengah banyaknya godaan. Saat sudah ada stadion, generasi muda Bumi Wali bisa menyalurkan bakatnya. 

"Proyek ini memiliki banyak makna, salah satunua pengembangan Tuban ke Barat sudah mentok sehingga kita arahkan ke Timur," terang Bupati kelahiran Kecamatan Montong.

Fathul Huda berharap dengan adanya pusat olahraga akan mendorong pertumbuhan ekonomi di sekitar. Biasanya perlahan akan muncul usaha yang digeluti masyarakat. Selain itu, Tuban dipastikan akan lebih dikenal bukan hanyan regional tapi nasional. 

Projek manajer PT Widya Satria, Agus Budi Hartanto, berterimakasih atas doa dan dukungan Bupati dan Forkopimda Tuban. Proyek stadion puluhan miliar ini, dipastikan selesai pada 5 Desember 2018.

"Kami optimis stadion ini rampung dengan sistem tiga shift selama 24 jam," sergahnya.

Sesuai rencana, proyek yang seluruhnya ditopang APBD Tuban akan menyerap 400-500 tenaga kerja baik dari lokal dan luar Tuban. Warga sekitar, pemdes dan pemerintah kecamatan sudah diberi sosialisasi soal perekrutan kebutuhan tenaga kerja. 

Sosialisasi tersebut juga mencakup antisipasi dampak pembangunan stadion. Berkat kerjasama dengan warga, beberapa keluhan sudah diinventarisasi supaya pasca proyek ini selesai tidak muncul. 

Untuk kualitas proyek, kontraktor akan dipantau terus oleh pihak pengawas Manajemen Kontruksi (MK). PT Widya Satria akan melakukan tahapan sesuai yang tertera dalam dokumen kontrak. 

"Kami sangat terbantu dengan pengawasan MK," tegasnya.

Di lokasi yang sama, Ketua DPRD Tuban, Miyadi, membernarkan jika pembangunan stadion ini dianggarkan Rp60 miliar dari APBD. Untuk tahun 2019, pihaknya belum bisa memastikan apakah bisa mengalokasikan besaran dana yang sama dengan 2018.

"Belum kita bahas berapa APBD 2019 untuk menyokong TSC ini," bebernya.

Pria kelahiran Kecamatan Montong ini, juga membeberkan jika proyek jalan ring road juga membutuhkan sokongan APBD seperti TSC. Persoalannya sama, belum ada signal positif apakah APBN akan berpihak pada proyek yang dicanangkan Bupati Tuban dalam RPJMD. (aim)

 

Dibaca : 8522x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan