Selasa, 18 Desember 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Tuban Canangkan Program Pertanian Hulu Hilir

Editor: nugroho
Jum'at, 07 Desember 2018
Hidayatul Khoriyah
TANAM : Seorang petani Tuban sedang menanam padi di areal persawahannya.

SuaraBanyuurip.comHidayatul Khoiriyah

Tuban- Pemkab Tuban, Jawa Timur, mencanangkan program hulu-hilir di sektor pertanian pada 2019 mendatang. Program ini merupakan program pelatihan petani mulai dari pembibitan, pengolahan hingga pemasaran.

”Program hulu hilir baru akan diluncurkan tahun depan,” Kasi Pengendalian Pascapanen, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Tuban, Wiwin Rista Kuswanti, kepada suarabanyuurip.com di ruang kerjanya, Jumat (7/12/2018).

Wiwin menjelaskan petani akan diajari menjadi enterpreuner dari pembudidayaan hingga pemasaran. Meski peluncuran program hulu hilir akan dilaksanakan awal tahun 2019, namun pemkab sudah menyiapkan di salah satu desa yang terpilih menjadi desa percontohan yakni Desa Ngadirejo, Kecamatan Plumpang.

“Dari Provinsi Jatim baru ada lima desa dari empat kabupaten yang menjadi percontohan," imbuhnya. 

Adapun empat kabupaten yang dijadikan percontohan meliputi Kabupaten Malang, Jombang, Ngawi, dan Tuban.

Sementara itu, Ketua Gapoktan Kecamatan Soko, Sutikno, menyambut baik adanya program tersebut. Program hulu hilir pertanian semacam ini yang dibutuhkan petani. 

“Saya siap jadi peserta pelatihan," sambungnya dengan semangat.

Data yang dihimpun suarabanyuurip.com, Tuban memiliki luas wilayah 183 ribu hektar, terdiri dari tanah sawah dan non sawah. Non sawah untuk polowijo, sawah polowijo dan hutan. Adapun luasan sawah 56 ribu hektar, non sawah 51 hektar, dan hutan 52 hektar.

Tanah yang ditanami 112 hektar, ditambah Perhutani 11 hektar. Jumlah penduduk Tuban kurang lebih 1,3 juta jiwa. Jumlah penduduk tersebut 70% masyrakat pekerjaannya petani, 30% nelayan, pedagang dan pegawai.

Jumlah petani di 20 kecamatan kurang lebih ada 900 ribu jiwa. Dari lahan 112 hektar, jumlah pemiliknya hanya 204.000 petani, dan masih ada 700 ribu buruh tani.

Di tahun 2018, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, dinobatkan sebagai daerah penghasil jagung tertinggi di tingkat nasional. Secara nasional dari target LTT untuk produksi Jagung di Tuban seluas 97.067 Hektar (Ha) dapat terealisasi 119.118 Ha atau 122.7%, dengan produksi mencapai 606.163 ton dan produktifitas sebesar 5.4 ton per Ha. (hida)



Dibaca : 232x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan