Kamis, 21 September 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Tuban Hasilkan 170 Meter Kubik Sampah

Editor: samian
Kamis, 15 Oktober 2015
SuaraBanyuurip.com/Edy Purnomo
SAMPAH : Berbagai upaya Pemkab Tuban untuk mengurangi volume sampah.

SuaraBanyuurip.com - Edy Purnomo

Tuban – Kabupaten Tuban, Jawa Timur, menghasilkan 170 meter kubik sampah per-hari. Sampah ini berasal dari sampah rumah tangga, sampah fasilitas umum, dan sampah yang berasal dari pasar-pasar yang ada di Tuban.

Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemkab Tuban, Teguh Setyobudi, menerangkan, saat ini Tuban mempunyai tiga Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Masing-masing TPA di Panggungsari, Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, TPA di Desa Punggulrejo, Kecamatan Rengel, dan TPA di Desa Besowo, Kecamatan Jatirogo.

Teguh menjelaskan, sebelum sampai di TPA sampah dikumpulkan terlebih dahulu ke depo sampah.

“Setiap hari sampah-sampah diangkuti oleh petugas dari Dinas Pekerjaan Umum di TPA ini,” jelas Teguh.

Ketika berada di TPA, ada pemilahan sampah organik dan non organik. Selain itu pemulung juga mempunyai peran serta dengan mengambil sampah-sampah yang masih layak jual.

“Sampah organik akan dibuat komposting, sisanya adalah sampah anorganik yang harus ditimbun kurang lebih sampai 2 tahun. kemudian setelah waktunya akan digali kembali dan diambil komposnya untuk dimanfaatkan,” kata Teguh.

“Kompos ini bisa dimanfaatkan masyarakat sekitar TPA atau warga lain yang membutuhkan,” lanjut Teguh.

Pun demikian, dia berharap masyarakat mempunyai andil dalam pengelolaan sampah. Terlebih apabila mau mengelola sampah sendiri secara swadaya. Supaya volume tidak semakin besar dan menumpuk. Pemkab Tuban juga menjanjikan akan menambah depo sampah supaya warga bisa ikut mengumpulkan sampah rumah tangga mereka. (Edp)

Dibaca : 508x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan