Minggu, 19 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Tuban Pasang Alat Peringatan Dini Banjir

Editor: nugroho
Senin, 13 November 2017
ali imron
Kepala BPBD Tuban, Joko Ludiono.

SuaraBanyuurip.com - Ali Imron

Tuban - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, Jawa Timur, memasang alat Early Warning Sistem (EWS) untuk memantau luapan Sungai Bangawan Solo yang bisa dilihat melalui android. Dengan inovasi ini lebih memudahkan mendeteksi banjir karena Tinggi Muka Air (TMA) Sungai Bengawan Solo mudah terpantau.

“Baru dua alat yang dipasang di dua titik rawan luapan sungai menggunakan APBD,” ujar Kepala BPBD Tuban, Joko Ludiono, kepada suarabanyuurip.com, Senin (13/11/2017).

Alat tersebut terpasang di Desa Menilo, Kecamatan Soko. Pertimbangannya, air Bengawan Solo pertama kali masuk ke Tuban melalui Desa Menilo.

Alat kedua dipasang di Desa Kedungjambangan, Kecamatan Bangilan. Titik ini untuk memantau luapan Kali Kening yang hulunya berada di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.
Cara kerja alat tersebut, ketika permukaan air menyentuh sensor otomatis akan mengirimkan sinyal ke android pemilik aplikasi. Tanpa melihat secara manual, tim BPBD bakal melihat berapa kenaikan TMA setiap saat.

“Diharapkan adanya alat ini bakal memudahkan mengantisipasi dampak banjir,” imbuhnya.

Masyarakat yang bermukim di tepi Sungai Bengawan Solo, maupun Kali Kening diminta tetap waspada. Setiap kenaikan TMA sungai, harus tetap dilaporkan ke pemerintah desa setempat.

Selama ini alat peringatan dini banjir hanya terpasang di jembatan Babat. Setelah Tuban memiliki alat serupa, dipastikan pergerakan penanggulangan banjir bakal lebih cepat. (aim)

Dibaca : 88x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan