Kamis, 21 September 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Usulkan Alternatif Solusi di Sumur Tua

Editor: samian
Rabu, 23 Desember 2015

SuaraBanyuurip.com - Ririn Wedia

Bojonegoro - Satuan Kerja Khusus Hulu Minyak dan Gas BUmi (SKK Migas) telah menyiapkan usulan kepada Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, berupa alternatif solusi terhadap permasalahan di kawasan sumur tua.

"Kami menyiapkan beberapa usulan dan berharap mendapat dukungan dari Pemkab Bojonegoro," ujar Kepala Divisi Survei Pengeboran SKK Migas, Ngatijan, pada saat rakor penanganan sosial ekonomi kawasan sumur tua Wonocolo, Ndandangilo, dan Ngrayong, Kecamatan Kedewan, di gedung PKK kantor Pemkab Bojonegoro, Rabu (23/12/2015).

Usulan alternatif solusi tersebut antara lain, pendekatan dalam menyelesaikan masalah harus mempertimbangkan aspek ekonomi, sosial budaya, keamanan dan lingkungan. 

"Keterlibatan masyarakat setempat, SKPD Bojonegoro, dan stakeholder adalah mutlak diperlukan," tegasnya.

Melihat kegiatan migas tradisional di Wonocolo dan sekitarnya sangat unik bahkan dimungkinkan satu-satunya di dunia dan lokasinya berbukit indah, maka sangat berpotensi untuk dikembangkan menjadi desa wisata andalan. 

"Perlu kesepakatan bahwa jumlah sumur minyak saat ini dipertahankan dan tidak boleh ada sumur illegal baru," imbuhnya.

Usulan selanjutnya adalah pembinaan masyarakat tentang safety dan lingkungan ditingkatkan, kegiatan penambangan minyak oleh paguyuban masyarakat saat ini tetap boleh dilakukan dan hasilnya dijual ke Pertamina EP.

Terakhir, melakukan edukasi kepada masyarakat untuk mewujudkan Desa Wisata tersebut, melalui study banding ke tempat-tempat wisata baru  yang unik seperti Merapi pasca erupsi, Gua Pindul dan Bromo  dan lain-lain.

"Kami bersama Pertamina EP telah melakukan pemetaan untuk itu," pungkas Ngatijan.(Rien)

Dibaca : 249x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan