Rabu, 13 Desember 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Usung Batik Gedog Identitas Masyarakat Tuban

Editor: samian
Senin, 27 November 2017
Ali Imron
MERIAH : Peserta carnival nampak anggun mengenakan batik gedog pada busananya.

SuaraBanyuurip.comAli Imron

Tuban- Komunitas Pesona Seni dan Batik (KPSB) Tuban, Jawa Timur, menggelar carnival mengusung batik gedok sebagai tema utamanya. Terlaksananya kegiatan ini wujud kepeduliannya terhadap keberadaan Batik Gedog sebagai identitas masyarakat Tuban. Sekaligus mengenalkannya kepada masyarakat nasional dan dunia.

“Pesona Batik Tuban Carnival 2017 ini kami persembahkan sebagai rangkaian Hari Jadi Tuban (HJT) ke-724,” kata Ketua Panitia penyelenggaran, Marini Sartika Dewi, kepada suarabanyuurip.com, di Alun-alun Tuban, Minggu (26/11/2017).

Dalam pelaksanaannya KPSB yang juga Alumni SMA Negeri 1 angkatan 1993, didukung sepenuhnya oleh Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Tuban. Wanita yang berprofesi sebagai Dokter ini berharap bisa memberikan hiburan, sekaligus meningkatkan kecintaan masyarakat Tuban terhadap batik gedog.

“Event perdana ini melibatkan 150 peserta Carnival dan 153 Fashion Show,” jelasnya.

Bupati Tuban, Fathul Huda, memberikan apresiasinya kepada penyelenggara carnival dan juga panitia HJT ke-724 karena menyuguhkan kegiatan yang sangat menarik. Tahun ini peringatan hari jadi lebih inovatif.

“Tidak harus mahal tapi meriah,” sambung Bupati kelahiran Kecamatan Montong.

Bapak dari empat orang anak ini berharap, KPSB dapat mengenalkan batik gedog kepada masyarakat luas, terutama kepada generasi muda. Hal ini seperti yang dicontohkan sendiri oleh ketua panitia dengan pakaian yang digunakannya. Terlihat bahwa batik bisa di padu padankan, dan di buat semenarik mungkin.

Lebih dari itu, kegiatan ini harus dilaksanakan istiqomah di tahun berikutnya. Perlu mencari generasi penerus, untuk dapat melaksanakan kegiatan serupa kedepannya.

“Semoga bisa dilaksanakan kembali tahun depan,” harapnya.

Carnival kali ini dimulai dari depan Pemkab Tuban, Jalan Kartini, menuju Jalan KH. Musta’in belok kiri jalan Basuki Rahmad, belok kiri kembali di Jalan Veteran, menuju Jalan RM. Soeryo dan finish di Kompleks Pendopo Krida Manunggal Tuban.

Sebelum diberangkatkan, Carnival di dahului dengan penampilan Bupati beserta Istri, Wakil Bupati beserta istri dan Forkopimda beserta istri di panggung utama mengenakan Batik Gedog Tuban dengan berbagai motif dan desain yang menarik. Adapun di pagi harinya sebagai rangkaian acara ini pula telah digelar lomba Fashion Show yang dibuka oleh Wakil Bupati Tuban beserta istri. (Aim)

 

Dibaca : 137x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan