Jum'at, 22 September 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Wabah DBD Ancam Lamongan

Editor: nugroho
Kamis, 06 Februari 2014

SuaraBanyuurip.com - Totok Martono

Lamongan-Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) masih menjadi momok warga di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Di bulan Januari 2014 lalu, tercatat sebanyak 19 orang dinyatakan positif terserang DBD.

Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PLP) Dinas Kesehatan (Dinkes) Lamongan, Chaidir Annas dikonfirmasi melalui Kabag Humas dan Infokom, Mohammad Zamroni, menghibau kepada masyarakat untuk tetap mewaspadai serangan DBD di musim penghujan seperti ini.

“Yang paling penting adalah pencegahan dan kewaspadaan terhadap kondisi anggota keluarga. Jika ada anggota keluarga yang mengalami demam, akan sangat bijak untuk segera diperiksakan ke petugas kesehatan sehingga didapatkan hasil diagnosis yang tepat soal penyakitnya. Karena semakin cepat penderita DBD ditangani, maka kemungkinan sembuhnya semakin besar,” pesan dia.

Dia mengungkapkan, tahun ini Dinas Kesehatan telah menyiapkan anggaran untuk melakukan fogging di 125 titik yang setiap titiknya bisa mencakup sekitar 200 rumah. Selain itu juga menyiagakan 33 unit mobil sehat untuk mengambil tindakan preventif. Mobil tersebut dijadwalkan secara rutin mengunjungi semua desa di Lamongan untuk memberikan konseling dan pelayanan kesehatan.

“Dalam mobil sehat yang disiagakan di setiap Puskesmas ini, sudah disiapkan peralatan kesehatan lengkap didalamnya termasuk perawat untuk memberikan tindakan pertama,” tegas Zamroni.

Sesuai data di Dinas Kesehatan Lamongan, selama Januari 2014, penderita DBD terbanyak terdeteksi di Puskesmas Laren sebanyak 4 orang, Puskesmas Mantup dan Deket masing-masing ada 3 orang. Sedangkan sepanjang tahun 2013 lalu, tercatat ada 635 warga Lamongan yang positif DBD dan 9 orang mengalami dengue shock syndrome (DSS).(tok)

 

Dibaca : 1226x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan