Senin, 25 September 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Wakapolres : Tawuran Pekerja PLTU Dipicu Salah Komunikasi

Editor: nugraha
Sabtu, 25 Mei 2013

SuaraBanyuurip.com - Edy Purnomo

Tuban – Kepolisian Resort Tuban, Jawa Timur, menyimpulkan motif tawuran pekerja lokal dengan pekerja asal Cina di kawasan PT Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tuban, Jum'at (24/5/2013) kemarin, akibat salah komunikasi karena kurangnya pemahaman bahasa diantara kedua belah pihak.

“Keributan itu dipicu karena kesalahan komunikasi kedua belah pihak,” tegas Wakil Kepala Polres (Wakapolres) Tuban, Komisaris Polisi Kuwadi, saat dihubungi suarabanyuurip.com melalui ponselnya, Sabtu (25/5/2013).

Diakui, pihaknya sempat khawatir saat mendengar adanya keributan yang terjadi dilokasi proyek. Sehingga langsung bergerak dan mengerahkan anggota kelokasi kejadian.

“Saya sempat khawatir kejadian di Batam, yang melibatkan orang India terulang di Tuban,” tambah polisi berpangkat melati satu ini.

Setelah dilakukan mediasi, diketahui kalau beberapa pekerja lokal sempat tersinggung dengan perlakuan dan sikap pekerja asal Cina. Mereka kemudian melakukan komunikasi dengan bahasa yang terbatas. Akibatnya terjadi kesalahpahaman, yang mengakibatkan perkelahian antara 3 pekerja Cina dengan beberapa pekerja lokal yang tidak terima.

“Kalau orang Cina menganggap sikap seperti itu biasa saja, tapi tidak bagi pekerja lokal sehingga tersinggung,” kata Kuwadi, mengungkapkan.

Saat ini kedua belah pihak sudah menyatakan sikap untuk berdamai. Serta berjanji untuk menahan diri agar kejadian seperti itu tidak kembali terulang. Selain itu pihak manajemen PLTU berjanji juga segera akan mensosialisasikan peraturan kepada para pekerja yang ada disalah satu obyek vital tersebut. (edp)

Dibaca : 935x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan