Rabu, 20 September 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Warga J-TB Budi Daya Ayam Petelur

Editor: samian
Minggu, 20 September 2015
SuaraBanyuurip.com/Sasongko
USAHA : Untuk meningkatkan ekonomi dengan usaha budi daya ayam petelur.

SuaraBanyuurip.com - Samian Sasongko

Bojonegoro - Selain bertani, warga sekitar Ladang Gas Jambaran-Tiung Biru (J-TB) juga mengembangkan usaha lain. Diantaranya adalah budi daya ayam petelur. Dipilihnya budi daya ini, selain pergantiannya ayam cukup lama juga banyak diminati warga. Utamanya disaat warga sedang punya hajat.

"Saya pilih budi daya ayam petelur, selain dua tahun baru ganti ayam, juga mudah untuk di pasarkan ke toko, dan warga juga banyak yang meminati. Terutama, saat warga punya hajat mantu, khitanan dan lain-lain," kata Santoso, warga Desa Bandungrejo, Kecamatan Ngasem, Bojonegoro, Jawa-Timur kepada Suarabanyuurip.com beberapa waktu.

Menekuni budi daya ayam petelur, sudah berjalan kurang lebih tiga bulan. Meski belum dapat berproduksi dalam skala banyak, namun sudah ada hasil yang dirasakan. Dari total dua ribu ayam, dalam seharinya dapat memanen sekira 1 kwintal 15 kilo telur.

"Kalau dikalkulasi hasil penjualan per hari, dan belum terpotong modal senilai Rp2 juta 200 ribu tergantung naik turunnya harga telur. Hasil setelah terpotong biaya operasional seperti pakan, obat-obatan, rata-rata Rp1 juta per hari," ungkapnya.

Budi daya ayam petelur dilakukan, tentu untuk membuka peluang kerja bagi warga sekitar, dan memberikan contoh kepada warga juga. Agar tidak terlalu cenderung berfikir untuk menjadi tenaga kerja di migas saja.

"Berkreatif membuka peluang usaha sendiri ternyata juga bisa. Intinya tekun dan berupaya sungguh-sungguh," jelas warga desa ring satu J-TB ini.

"Alhamdulillah dengan adanya budi daya ayam petelur ini saya ikut menikmati, karena bisa bekerja sekalipun hanya sebagai pemelihara ayam," sambung Suci salah satu tukang rawat ayam milik Santoso tersebut. (sam)

 

Dibaca : 982x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan