Sabtu, 26 Mei 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Kemiskinan Sekitar Tambang

Warga Miskin Sekitar Blok Cepu Perlu Didata Ulang

Editor: nugroho
Senin, 19 Agustus 2013

SuaraBanyuurip.com - Athok Moch Nur Rozaqy

Bojonegoro- Adanya kegiatan proyek Banyuurip, Blok Cepu berdampak pada peningkatan taraf perekonomian warga sekitar.  Namun kondisi itu belum dirasakan secara keseluruhan.

Sebagaimana yang terjadi di Dusun Sukorejo, Desa Bonorejo, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.  Salah satu tokoh masyarakat Desa setempat, Saidi mengatakan untuk menilai warga yang bisa dikategorikan miskin didaerah sekitar pengeboran tidaklah mudah.

"Disini mungkin beda dengan didaerah lain," ujarnya.

Menurut Saidi, ada sejumlah faktor yang menjadi pertimbangan tertentu. Diantaranya dampak adanya  pembebasan lahan dan pengerjaan proyek Banyuurip, Blok Cepu. "Jadi alangkah baiknya pemerintah perlu mendata ulang," saran dia.

Saidi menyayangkan dengan kurangannya validitas data tersebut terbukti pada saat pembagian program Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan Bantuan Langsung Masyarakat Sementara (BLSM) tidak merata.

"Tidak sedikit warga sini yang terlewati dari bantuan pemerintah," bebernya.

Sementara itu, Kepala Urusan Umum, Desa Bonorejo, Suparno mengatakan, kriteria warga miskin memang susah ditentukan. Menurutnya, keterlibatan warga dalam proyek mempengaruhi peningkatan ekonomi warga sekitar. Bahkan, dia mengklaim sekitar 80% telah ikut bekerja dalam proyek Banyuurip, Blok Cepu.

"Dari yang menganggur sekarang rata-rata sudah punya penghasilan," tuturnya.(roz)

Dibaca : 552x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan
iklan