Rabu, 20 September 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Warga Sambongrejo Masih Kesulitan Air Bersih

Editor: nugroho
Minggu, 25 November 2012
tok
KERING : Waduk Sambongrejo, Tuban, menjadi salah satu tumpuan warga setempet untuk memenuhi kebutuhan air bersih dan pertanian.

SuaraBanyuurip.com - Totok Martono

Tuban - Walau Hujan mulai mengguyur sejumlah daerah, namun di Desa Sambongrejo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, masih dilanda kekeringan. Masyarakat setempat sulit mendapatkan air bersih dan bahkan belum mulai menggarap lahan pertanian karena tidak adanya irigasi.

Masih rendahnya curah hujan di Desa Sambongrejo menjadikan sumur-sumur warga banyak yang kering. Padahal hampir setiap hari gumpalan awan tebal menggantung dilangit desa itu namun tidak pernah turun hujan deras.

“Biasanya mendung cepat hilang disapu angin. Kalau turun hujan ya cuma gerimis sebentar,”  kata Rohman, (43), warga setempat.

Sumur-sumur warga yang mengering kedalamannya mencapai 15-20 meter. Untuk kebutuhan mencuci dan mandi terpaksa warga melakukannya disungai yang kondisi airnya keruh. Bahkan, karena hujan tidak kunjung turun, warga terpaksa membiarkan sawahnya bero (kosong tidak ditanami).

“Mau memulai tanam gak berani karena belum ada hujan,” ujar Rohman sambil mengungkapkan selama ini petani menggantungkan pengairan tadah hujan karena tidak adanya irigasi yang memadai.

Didesa Sambongrejo sendiri sebenarnya terdapat waduk yang cukup luas. Hanya saja selama puluhan tahun waduk ini kondisinya mangkrak tidak bisa dimanfaatkan untuk irigasi.

Dari pantauan Suara Banyuurip, waduk yang dibangun sejak jaman belanda tersebut, kondisinya masih kering. Tampak jelas dasar waduk yang dipenuhi batu-batu besar.

Sulasim, (47), Kepala Desa Sambongrejo mengaku, sudah berulangkali mengajukan usulan ke Pemerintah Kabupaten Tuban untuk pembangunan waduk tersebut.

“Pernah beberapa kali disurvey namun tidak ada tindak lanjutnya. Informasinya untuk membangun waduk itu, dananya mencapai milyaran rupiah.  Tapi Pemkab beralasan tidak memiliki dana sebesar itu untuk membangun Waduk Sambongrejo,” sambung Sulasim menyesalkan tidak adanya perhatian Pemkab Tuban kepada warga Sambongrejo. (tok/suko)

Dibaca : 1199x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan