Jum'at, 18 Januari 2019
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Warga Sawahan Nikmati Air Bersih Program ExxonMobil Cepu Ltd

Editor: nugroho
Jum'at, 11 Januari 2019
Ali Imron
MENCUCI : Program air bersih ExxonMobil Cepu Ltd telah dirasakan maanfaatnya oleh warga Sawahan.

SuaraBanyuurip.comAli Imron

Tuban- Warga Dusun Temulus, Desa Sawahan, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, sekaranga lebih mudah mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari. Setelah selesai dibor air dan diuji sampai beberapa liter per detik, air yang keluar terlihat jernih.

Air bersih yang dinikmati warga Sawahan itu merupakan progam ExxonMobil Cepu Ltd. Sekarang ini program tersebut telah dimanfaatkan warga untuk keperluan sehari-hari mulai memasak, mencuci dan lain sebagainya.

“Kami bersyukur karena sudah diberikan sumber air bersih melalui program ExxonMobil Cepu Ltd,” ujar Kepala Desa Sawahan, Sunarto, kepadasuarabanyuurip.com, Jumat (11/1/2019).

Petinggi desa yang wilayahnya dilalui jalur pipa distribusi minyak Blok Cepu ini, mengaku air menjadi kebutuhan pokok bagi warga Dusun Temulus. Karena setiap kali kemarau tak ada sumber air, dan dikala hujan pasti terendam banjir.

Adanya program pemberdayaan air bersih ini begitu terasa manfaatnya oleh masyarakat. Mewakili warganya, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah terlibat dan menyukseskan program.

Harapan warga mengkonsumsi air bersih sekarang terwujud. Sebelumnya mereka mengandalkan air sungai yang kondisinya kurang layak.

"Semoga kerja sama dengan ExxonMobil Cepu Ltd semacam ini terus berkelanjutan dan ditingkatkan, sehingga ekonomi warga juga bisa meningkat," harapnya.

Program air bersih ini merupakan sinergitas antara Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Ltd, Pemdes Sawahan, dan swadaya masyarakat.

Dalam kerja sama ini ExxonMobil Cepu Ltd mendukung sumur bornya. Sedangkan pemdes membangun jaringan pipa/sambungan ke rumah warga, dan masyarakat berpartisipasi dalam tenaganya.

Humas dan juru bicara ExxonMobil Cepu Ltd, Rexy Mawardijaya, menjelaskan program air bersih merupakan perwujudan komitmen perusahaan dalam melaksanakan program pemberdayaan di masyarakat. Utamanya di bidang kesehatan sekaligus mendukung program dari Pemkab Tuban.

Harapannya dengan adanya akses untuk mendapatkan air bersih, masyarakat Desa Sawahan dapat hidup lebih sehat dan sejahtera. Untuk program air bersih ini juga telah dibentuk himpunan pemakai air bersih yang beranggotakan masyarakat desa untuk memastikan keberlangsungan akses air bersih.

“Selain memberi program juga dibangun sistem pengelolaan supaya air bersih merata,” sambung pria ramah ini.

Prinsipnya program penyediaan fasilitas air bersih berbasis pengelolaan masyarakat itu merupakan program kemasyarakatan perusahaan, yang dimaksudkan untuk terwujudnya fasilitas air bersih untuk memenuhi kebutuhan hidup.

“Sekaligus meningkatkan kesadaran warga untuk menerapkan perilaku sehat yang dikelola langsung sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan dan kualitas hidup,” pungkasnya. (aim)

Dibaca : 896x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>