Selasa, 18 Desember 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Warga Sehat Bersama Sahabat Pertamina EP

Editor: nugroho
Rabu, 28 November 2018
12
ririn wedia
PEDULI KESEHATAN WARGA : Program Sehat Bersama Sahabat Pertamina EP membantu warga ring satu Sukowati peroleh layanan kesehatan.
SuaraBanyuurip.com
Sahabat Pertamina EP saat memeriksa kesehatan Mbah Sugeng.

SuaraBanyuurip.com - Ririn Wedia

Bojonegoro -  Rakyat Sehat, Negara Kuat. Jargon pemerintah inilah yang telah menginspirasi operator Lapangan Minyak Sukowati, Blok Tuban, Pertamina EP Aset 4 Sukowati Field untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di wilayah operasinya.

Sejumlah program bidang kesehatan telah digulirkan Pertamina EP Aset 4. Mulai dari pengobatan gratis, keluarga binaan (KB), membantu program posyandu, mobil layanan kesehatan, hingga tenaga paramedik yang stanby 24 jam. Program ini menyasar tiga desa di wilayah operasinya yakni Desa Campurejo Kecamatan Bojonegoro, serta Desa Ngampel dan Sambiroto, Kecamatan Kapas.

Program kesehatan tersebut dilaksanakan Pertamina EP Aset 4 Sukowati Field bekerja sama dengan pemerintah desa, lembaga pelayanan kesehatan di tingkat desa, dan salah satu perguruan tinggi kesehatan di Bojonegoro. Program kemasyarakatan yang dilaksanakan anak perusahaan BUMN ini bukan menggeser peran pemeritah, justru berjalan berdampingan memberikan pelayanan ekstra melalui program "Sahabat Pertamina". 

Posyandu di Desa Ngampel, misalnya. Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field membantu tenaga paramedik dalam kegiatan rutin tersebut. Posyandu dipilih karena menjadi sarana pelayanan masyarakat khususnya bagi anak dan balita.  

Setiap posyandu digelar satu bulan sekali, Ibu-ibu berbondong-bondong membawa buah hati mereka untuk mengetahui tumbuhkembangnya. Seperti adanya imunisasi Difteri serentak pada bulan Nopember 2018, petugas kesehatan di Ponkesdes Ngampel kewalahan menyuntik anak-anak berusia satu tahun ke atas. 

"Di Ponkesdes Ngampel ini, jumlah petugas kesehatannya terbatas. Dengan adanya Sahabat Pertamina sangat membantu tugas kami," kata Bidan Ponkesdes Ngampel, Fia Diani. 

Namun dengan hadirnya tenaga kesehatan dari Sahabat Pertamina yang berjumlah tiga orang, hal itu sangat membantu. Karena tidak hanya balita saja yang diimunisasi, bayi berusia 3 tahun sampai TK.

“Saya harapkan kehadiran Sahabat Pertamina ini mampu meningkatkan pelayanan kesehatan termasuk kegiatan Posyandu di sini,” ujarnya.

Salah satu warga, Wariani (30), mengaku senang karena dibantu pemuda-pemuda berseragam ungu saat mengikuti jadwal Posyandu untuk suntik difteri. 

"Anak saya tenaganya besar, saat mau disuntik lari dan selalu berontak. Dengan bantuan, mas Rifai dari Sahabat Pertamina akhirnya bisa dipegang dengan baik dan disuntik Bu Bidan," imbuhnya. 

Lain lagi cerita Sahabat Pertamina di Desa Campurejo, Kecamatan Bojonegoro yang melakukan giat Keluarga Binaan atau biasa disebut KaBi. Sahabat Pertamina cepat dan tanggap dengan kondisi kesehatan warga.

Dengan menggunakan kendaraan mobil layanan kesehatan, tiga Sahabat Pertamina yang berjaga 24 jam itu menuju salah satu rumah warga setempat, Marfuah (52). Diagnosa awal, nenek tiga cucu tersebut menderita pengapuran pada lututnya. Hingga membuat Mbah Marfuah tidak bisa berjalan dan hanya tiduran di kasur.  

Sementara suaminya, Sugeng (64), didiagnosa menderita Diabetes Melitus. Ada beberapa luka yang susah sembuh hingga membuat jempol pria kurus itu membengkak.  

"Saya sangat senang, dengan kehadiran petugas dari Pertamina yang jemput bola ke rumah saya," kata pria berambut lurus. 

Sugeng mengaku tidak mampu membawa istrinya ke Puskesmas untuk berobat. Selama ini dia mengandalkan orang lain untuk membawanya berobat dengan memberi upah.

“Sekarang ada Sahabat Pertamina, jadi bisa meringankan beban,” ucapnya.

Tidak hanya melakukan pemeriksaan, Sahabat Pertamina juga memberikan obat-obatan sesuai diagnosa penyakit yang diderita warga. Baik Mbah Marfuah dan Mbah Sugeng sekarang tidak bingung lagi jika mengeluhkan sakit yang dialami sejak lima tahun terakhir.  

"Alhamdulilah, kami sangat merasakan manfaat dari kegiatan ini," tuturnya lirih.

Aperasiasi juga disampaikan Bidan Ponkesdes Campurejo, Sri Lestari. Menurutnya, kehadiran Sabat Pertamina membantu meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Apalagi di sini hanya saya yang bertugas. Jadi keberedaan mereka sangat membantu,” sambungya dikonfirmasi terpisah.  

Selama ini banyak pasien yang belum tertangani secara maksimal. Terlebih, jika dirinya harus meninggalkan Ponkesdes karena kesibukannya di Puskesmas Kota.  

"Kadang, saya harus ke Puskesmas untuk menyelesaikan tugas lainnya,” tutur wanita 32 tahun ini. 

Program kesehatan lainnya dari Pertamina EP Aset 4 Sukowati Field yang dirasakan warga adalah pengobatan gratis setiap 3 bulan sekali. Salah satunya di Desa Sabiroto. Pengobatan dilaksanakan di salah satu rumah warga yang memiliki halaman luas.

Sedikitnya 150 warga setempat memanfaatkan kegiatan tersebut. Salah satunya Sarni (35). Dia mengaku senang dengan adanya pengobatan gratis yang baru pertama kali ini diadakan di desanya. Sekalipun sudah ada  program kesehatan gratis di pusat layanan kesehatan milik pemerintah. 

"Saya sudah lama pusing dan merasa lemas. Tapi selalu saja tidak sempat berobat ke Puskesmas," kata ibu dua anak itu. 

Sekarang Sarni bisa berobat di dekat rumah meskipun harus antre untuk mengetahui penyebab penyakit yang dideritanya sejak setahun terakhir. 

"Enak nggak usah jauh-jauh ke Puskesmas,” akunya. 

Program kesehatan yang telah dilaksanakan Pertamina EP Aset 4 Sukowati Field ini diakui pemerintah desa (Pemdes) telah membantu warganya dalam memperoleh pelayanan kesehatan. Diharapkan kedepan kegiatan tersebut lebih ditingkatkan lagi.

"Bagus, saya apresiasi bantuan Pertamia EP Asset 4 Sukowati Field," kata Kepala Desa Sambiroto, Sudjono.  

Senada disampaikan Sekretaris Desa Ngampel, Hantoyono. Dia menyatakan, sejak awal Pertamia EP Asset 4 Sukowati Field sejak Maret 2018, telah berkomitmen membantu Pemdes di sektor kesehatan.  

"Iya, sudah banyak yang dibantu,” imbuh bapak dua anak.  

Selain kendaraan mobil layanan kesehatan yang standby (berjaga) 24 jam, juga keberadaan tim Sahabat Pertamina yang membantu pelayanan kesehatan selama ini. 

“Ini menjadikan warga semakin mudah memperoleh layanan kesehatan,” tegasnya.

“Program ini sangat bermanfaat, kami harapkan kedepan ditingkatkan lagi,” sambung Kades Campurejo, Edi Sampurno.

Legal and Relations Pertamina EP Asset 4, Angga Arya, mengatakan, program "Sahabat Pertamina" ini adalah program layanan masyarakat berbasis masyarakat.  Dimana, Pertamina EP Asset 4 memberikan program layanan kesehatan di tiga desa ring 1 antara lain Desa Campurejo, Kecamatan Bojonegoro, Desa Sambiroto dan Ngampel, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro.  

"Ada beberapa program kesehatan tersebut yang diberikan kepada masyarakat. Bersama mitra kami, ada enam petugas kesehatan yang stand by di pos kesehatan selama 24 jam," kata Angga. 

Untuk program Keluarga Binaan (KaBi), petugas kesehatan melakukan penyuluhan, memberikan pelayanan kesehatan dengan mendatangi dari rumah ke rumah setiap harinya.

"Sekarang ini, perlahan-lahan manfaat program KaBi mulai dirasakan," tandasnya. 

Selain itu, program membantu kegiatan ponkesdes baik posyandu maupun memberikan imunisasi pada anak-anak balita dan sekolah dalam hal tenaga kerja. Bukan berarti mengambil alih peran pemerintah tetapi ikut mendukung kegiatan kesehatan selama ini. 

"Lalu, untuk pengobatan gratis yang dilakukan bulan sekali dan masih banyak lagi," pungkasnya. (rien)

Dibaca : 223x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan