Senin, 25 Juni 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Wisata Sumur Angguk Blora yang Eksotik

Editor: nugroho
Rabu, 18 September 2013
ali musthofa
SUMUR ANGGUK : Sumur minyak peninggalan Belanda ini layak dikembangkan menjadi ikon wisata Blora.

SuaraBanyuurip.com - Ali Musthofa

Blora - Kabupaten Blora, Jawa Tengah memiliki beberapa potensi wisata alam yang sangat menawan. Selain wisata loko tour milik KPH Perhutani Cepu, Hutan Lindung Pasar Sore,Temengeng- Sambong, dan ratusan sumur tua yang dikelola oleh para penambang tradisional, juga terdapat sumur angguk peninggalan Belanda.

Hingga kini sumur angguk itu masih beroperasi memompa kandung minyak mentah atau gas diperut bumi melalui sumur minyak. Sumur angguk itu bisa ditemui di Desa Nglobo, Kecamatan Jiken dan Desa Semanggi, Kecamatan Jepon.

Seperti diceritakan Sekretaris Desa Semanggi, Kecamatan Jepon, Supriyanto,  keberadaan sumur angguk di desanya sudah ada sejak lama dan keberadaannya telah menjadi ikon karena bunyi sumur angguk yang cukup nyaring dan keras.

“Keluarnya bunyi yang khas itulah yang menjadi daya tarik tersendiri," ungkapnya.

Supriyanto mengakui, selain mengeluarkan bunyi nyaring, suaranya juga sangat beraturan dan bentuknya unik.

“Rata-rata orang yang baru pertama kali datang ke desa kami ketika melihat sumur angguk sangat senang dan penasaran,” tutur dia.

"Selain itu, lokasinya yang berada ditengah-tengah hutan menjadikan pengunjung bisa merasakan suasana yang alami," tambah Supriyanto.

Bagi wisatawan yang ingin menjangkau lokasi sumur pompa angguk tidaklah sulit.  Karena akses jalan  menuju lokasi cukup mudah. Mekipun hanya jalan makadam namun cukup baik.

Untuk menuju lokasi bila dari arah Kota Blora menuju ke arah Randublatung, kemudian ada pos pemeriksaan hasil hutan belok kiri sekitar 4 km sudah bisa melihat sumur angguk.

 "Selain lokasi tengah hutan,  sumur angguk itu bisa didapati di tengah hutan, di pinggir jalan desa juga ada, serta di seputaran rumah-rumah penduduk," jelasnya.

Dia berharap, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora mendukung pengelolaan wisata alam ini. Sehingga wisata Sumur Angguk menjadi salah satu ikon wisata di Blora.

Kekhasan suara sumur angguk itu diakui Parno, wiatawan dari Magetan. Menurut dia, bunyi cuk...cuk..cuk dari sumur angguk terdengar nyaring walau dari kejauhan. Bunyi tersebut berasal dari rangkaian sumur pompa angguk  dari  besi tua yang turun naik-turun naik di sekitar tambang minyak.

"Ternyata fungsinya untuk mengambil minyak dari sumber sumur," sambung Parno.

Menurut Parno, suasan paling eksotik itu bila berada di lokasi sumur angguk saat pagi hari atau sore hari. Sebab tidak panas, serta sejauh mata memandang bisa melihat hamparan hutan jati yang luas.

"Ini wisata alam yang unik. Bila dikembangkan dengan wisata paketan kunjungan kelokasi beberapa sumur tua yang dikelola secara tradisional, maka akan menjadi daya tarik tersendiri," ujarnya.(ali)  

 

Dibaca : 1912x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan iklan
iklan