Kamis, 13 Desember 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

YKIB Gelar Pelatihan Guru Kreatif Joyful Learning

Editor: nugroho
Kamis, 21 Desember 2017
Ist
TINKATKAN SDM : Guru pengajar bimbel di YKIB pelatihan guru kreatif dengan strategi pembelajaran Joyful.

SuaraBanyuurip.com - edi supraeko

Bojonegoro – Yayasan Kampung Ilmu Bojonegoro (YKIB) menggelar pelatihan guru kreatif dengan strategi pembelajaran Joyful Learning di Rumah Belajar YKIB di Dusun Korgan, Desa/Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Kamis (21/12/2017). 

Pelatihan guru kreatif ini diikuti guru yang mendidik dan mengajar di bimbel Gugusan Bintang YKIB. Narasumber yang dihadirkan yakni Dr Sri Minarti M.PdI, selaku Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Bojonegoro. Ia menyampaikan materi tentang guru berkarakter.

Selanjutnya, Nurul Afifah S.Pd, guru dari SD Muhammadiyah 2 Bojonegoro, menyampaikan materi tentang metode pembelajaran joyful learning atau belajar dengan cara menyenangkan.

Kemudian, Romadhon S.Pd, guru ahli dari Pusat Belajar Guru (PBG) Bojonegoro menyampaikan materi tentang guru kreatif.

Sri Minarti menjelaskan tentang pengertian tentang guru yang berkarakter. Ia mengungkapkan, guru yang berkarakter adalah guru yang bisa meneladani para siswanya secara positif. 

“Indikator guru berkarakter adalah ia menjalankan pekerjaannya secara ikhlas, syukur dan sabar, penuh kasih sayang, mempunyai cita-cita, rendah hati, disiplin, dan pembelajar,” urainya. 

Sedangkan peranan guru, menurut dia, yakni sebagai pendidik, pengajar, pengarah, pembimbing, pelatih, penilai dan evaluator. Guru di zaman sekarang, kata dia, harus mengikuti perkembangan. 

"Anak-anak sekarang itu maunya praktis, mereka tidak mau mengulang pelajaran yang sudah lama, nah guru harus cerdas menghubungkan pelajaran yang lalu dengan perkembangan sekarang,” ujarnya. 

Selanjutnya, Nurul Afifah mengajak para guru untuk memberikan pembelajaran kepada siswa secara menyenangkan dan gembira.

Ia banyak mengajak para guru untuk bermain. Metode pembelajaran menyenangkan itu bisa diterapkan saat membelajari siswa. 

“Menyampaikan materi pelajaran dengan cara bermain lebih diterima oleh murid terutama siswa di kelas sekolah dasar,” terangnya. 

Sementara itu, Romadhon, guru ahli dari PBG Bojonegoro, menyampaikan materi tentang guru kreatif. 

"Guru di zaman sekarang ini harus lebih kreatif menyampaikan pembelajaran kepada siswa. Sebab, siswa itu mendapatkan banyak informasi dari berbagai sumber. Jadi guru juga harus mengikuti perkembangan dan kebutuhan siswa,” ujarnya. (edi)

Dibaca : 539x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>