Selasa, 18 Desember 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Ziarah Leluhur Awali Rangkaian Hari Jadi Blora ke 269

Editor: nugroho
Kamis, 06 Desember 2018
Ahmad Sampurno
KHUSUK : Bupati Blora Djoko Nugroho, saat berziarah di makam Basuki Widodo, mantan Bupati Blora tahun 1999-2007.

SuaraBanyuurip.com - Ahmad Sampurno

Blora - Pemkab Blora, Jawa Tengah, mengusung tema "Blora Jiwa Nusantara" dalam peringatan Hari Jadi Blora (HJB) ke 269. Tema itu diambil untuk mengagungkan nama Blora, terlebih pada suasana politik seperti sekarang ini.

"Diharapkan Blora bisa menjadi wadah yang bisa mengayemkan masyarakat, khususnya di Jawa Tengah," kata Bupati Blora, Djoko Nugroho saat ziarah ke makam leluhur di kawasan Kecamatan Cepu, Kamis (6/12/2018). 

Kokok, panggilan akrab Bupati Blora berpesan setiap desa maupun kelurahan memasang tema tersebut agar masyarakat selalu ingat dan bangga dengan Blora.

Rangkaian peringatan Hari Jadi Blora ke 269 diawali dengan ziarah makam Bupati tempo dulu serta leluhur Blora. Selain Bupati Blora, ziarah diikuti oleh Wakil Bupati Blora Arief Rohman, jajaran Forkopimda, Kepala OPD dan sejumlah tokoh agama.

Ziarah dilaksanakan mulai pukul 07.00 WIB di Komplek Makam Tirtonatan Desa Ngadipurwo, Kecamatan Blora. Di tempat ini terdapat peristirahatan terakhir delapan Bupati Blora tempo dulu.

Dari Makam Tirtonatan, ziarah dilanjutkan ke komplek Makam Sunan Pojok yang berada di selatan Alun-alun Blora. Di sini dimakamkan tokoh penyebar agama Blora, Simbah Sunan Pojok bersama anaknya yang pernah menjabat sebagai Bupati Blora semasa Kerajaan Mataram Islam.

Ziarah dilanjutkan ke Makam Basuki Widodo, Bupati Blora pada tahun 1999-2007 di Kecamatan Cepu. Basuki Widoro merupakan kakak kandung Bupati Djoko Nugroho.

Dalam kesempatan itu, Kokok mengucapkan terima kasih kepada Wakil Bupati, Forkopimda dan seluruh Kepala OPD, bersama Camat dan kepala desa maupun lurah yang telah turut serta dalam ziarah ini.

"Kegiatan ini sebagai wujud penghormatan kami terhadap leluhur dan para Bupati terdahulu yang telah memimpin Blora,” ujarnya.

Ziarah ini, menurutnya, menjadi kegiatan pembuka dalam peringatan Hari Jadi ke 269 yang puncaknya akan diperingati pada tanggal 11 Desember dengan Kirab Budaya.

Selain ke tiga tempat tersebut, ziarah juga dilakukan rombongan lain di Makam Mr.Iskandar, Bupati Blora 1945-1948 yang ada di Makam Keluarga Prawirodirjan utara Gudang Banyu, dan juga ziarah Makam Janjang yang ada di Desa Janjang Kecamatan Jiken.

Dua hari sebelumnya, tanggal 4 Desember juga telah dilaksanakan ziarah makam para Bupati terdahulu yang berada di luar kota. Seperti di Tuban, Semarang, Solo dan Temanggung. (ams)


Caption:

Dibaca : 154x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan