BKS Blok Cepu Tunggu Pengembalian Investasi JTB Rp22 Miliar

Selasa, 07 Agustus 2018, Dibaca : 647 x Editor : nugroho

dok/sbu
Ketua BKS Blok Cepu, Ganesha Askari.


SuaraBanyuurip.com - Ririn Wedia

Bojonegoro - Empat Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang tergabung dalam Badan Kerja Sama (BKS) Blok Cepu, tampaknya harus bersabar menunggu penggembalian investasi proyek Jambaran Tiung Biru (JTB) dari PT Pertamina EP Cepu (PEPC) sebesar Rp22 miliar. Pengembalian investasi ini pasca mengambil alihan pengelolaan dari tangan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL).

"Kita memang sedang sabar menunggu pembayaran pengembalian investasi dari J-TB," kata Ketua BKS Blok Cepu, Ganesha Askari, kepada Suarabanyuurip.com, Selasa (7/8/2018). 

Baca Lainnya :

    Menurutnya, pengembalian investasi tersebut awalnya masih menunggu persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PEPC. Namun, kabar terbaru yang diterima, belum lama ini RUPS sudah dilaksanakan dan menunggu pembayaran itu dilaksanakan. 

    RUPS PEPC sempat terganjal penunjukan direktur utama Pertamina secara definitif.

    Baca Lainnya :

      "Tinggal pembayarannya saja," ucap pria yang juga menjabat sebagai Direktur PT Asri Dharma Sejahtera (ADS), BUMD Bojonegoro.

      Pasca dilakukan RUPS pembayaran akan terealisasi satu bulan mendatang. Menurut jajaran PEPC, kata Ganesha, tidak ada masalah, tapi ada birokrasi di PEPC untuk mekanisme pembayarannya.

      "Jadi, ya harus kita tunggu," pungkasnya. 

      Pengembalian biaya investasi dilakukan karena empat BUMD memutuskan mundur dari proyek J-TB pasca alih kelola dari ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) kepada PEPC.  Total nilai investasi yang harus dibayar sesuai kesepakatan sebesar US$ 16,77 juta atau sekitar Rp 223 miliar.

      Jumlah tersebut sebenarnya lebih kecil dari permintaan awal BUMD.

      Nantinya investasi yang dikembalikan itu dibagi kepada masing-masing BUMD yang tergabung dalam BKS sesuai porsi kepemilikannya.

      Ke empat BUMD itu adalah Petrogas Jatim Utama Cendana (PJUC) dengan porsi 2,2423%, Sarana Patra Hulu Cepu (SPHC) 1,0910%, Asri Dharma Sejahtera (ADS) 4,4847% dan Blora Patragas Hulu (BPH) 2,1820%.(rien)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more