BPJS Kesehatan Tak Batasi Lokasi Faskes Selama Arus Mudik

Minggu, 02 Juni 2019, Dibaca : 699 x Editor : nugroho

SuaraBanyuurip.com
Kartu BPJS Kesehatan


SuaraBanyuurip.com - Ahmad Sampurno

Blora - Selama mudik lebaran, BPJS Kesehatan tidak membatasi lokasi fasilitas Kesehatan (Faskes) bagi pengguna kartu BPJS untuk berobat. Pemegang kartu bisa menggunakannya dimanapun berada, tidak terbatas pada Faskes.

Menurut Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pati, Surmiyati, selama arus mudik ini, BPJS Kesehatan memberikan beberapa kebijakan. Salah satunya pengunaan BPJS dan JKN KIS.

Baca Lainnya :

    Sebab, selama mudik banyak perantau pulang kampung. Seperti pemudik dari Jakarta, Bandung dan kota lain pulang ke Blora. Padahal, selama ini fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKPT) mereka tidak di Blora.

    "Maka BPJS dan kartu JKN KIS milik pemudik itu bisa digunakan di Blora. Itu berlaku sejak Rabu (29/5/2019) sampai (13/6/2019) nanti,'' ujarnya, Minggu (2/6/2019).

    Baca Lainnya :

      Selain itu, selama mudik tempat pengobatan bukan hanya bisa di FKTP. Tapi di Unit Gawat Darurat (UGD) juga bisa digunakan berobat selama suasana mudik.

      "Jadi bisa datang ke UGD meski tidak gawat darurat," ujarnya.

      Selama menghadapi libur,  peserta BPJS dan JKN KIS yang memiliki penyakit kronis, yang harus menebus obat mengunakan kartu BPJS maka bisa dipercepat. Dalam artian,  obat untuk penyakit itu yang seharusnya habis tanggal 8 Juni, dan tanggal itu adalah hari libur, maka obat bisa ditebus sebelumnya.

      "Bisa obat diambil 29 Mei atau 1 Juni, sebelum obat itu habis," jelasnya.

      Selama cuti lebaran, layanan administrasi BPJS Kesehatan akan membuka layanan. "Kami buka sampai jam 11.00 dan kami sediakan kontak untuk petugas kami," jelasnya. (ams)

       


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more