MCL - MercyCorps Luncurkan Program Tangguh

Rabu, 11 Juli 2012, Dibaca : 1570 x Editor : nugroho

rin
Siap Berdayakan Pemuda: MCL - MercyCorps menjelaskan rencana Program Tangguh yang peruntukan kepada karang taruna di enam desa.


SuaraBanyuurip.comRirin W

Bojonegoro – Mobil Cepu Limited (MCL), operator Migas Blok Cepu bekerjasama MercyCorps meluncurkan program Taruna Bangga Usaha (Tangguh) di enam desa ring 1 Lapangan minyak Banyuurip. Program ini diperuntukan khusus kepada karang taruna agar mampu menangkap peluang usaha dari kegiatan migas Blok Cepu.

Enam karang taruna yang menjadi sasaran program Tangguh ini adalah Desa Gayam, Mojodelik, Bonorejo, Brabowan, Begadon, dan Ringintunggal. Semuanya masuk Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro.

Baca Lainnya :

    Melky, Project Manager Program Tangguh mengatakan, program yang dilaksanakan ini disasarkan kepada karang taruna. Para pemuda dan pemudi yang menjadi sasaran Program Tangguh adalah pemuda yang putus sekolah, pemuda yang belum bekerja dan calon pemuda yang masih sekolah.

    Dalam program ini, lanjut Melki, para pemuda akan memperoleh pendampingan untuk meningkatkan kapasitasnya secara personal maupun kelembagaan dengan pemberian pelatihan. Lain itu, juga membentuk usaha sesuai keinginan pemuda dan potensi yang ada dimasing-masing desa.

    Baca Lainnya :

      “Tujuan utama dari program ini adalah menyiapkan para pemuda agar mandiri dan mampu menangkap peluang usaha didaerah sekitarnya sehingga dapat memperoleh income (pendapatan),” kata Melky saat jumpa pers peluncuran Program Tangguh di Griya Dharma Kusuma (GDK) Jalan Truno Joyo Bojonegoro, Rabu (11/07/2012).

      Irfan, salah satu perwakilan MercyCorps mengakui, program ini tidak dapat menyentuh semua pemuda maupun pemudi di enam desa. Namun, diharapkan dengan pemberian pelatihan dan pendampingan kepada para pengurus karang taruna akan melahirkan pioner-pioner yang mampu menjadi agen perubahan di lembaganya maupun lingkungannya.

      Pada bagian lain, Field Public and Governement Affiars Manager MCL, Rexy Mawardijaya menambahkan, melalui Program Tangguh ini diharapkan akan menumbuhkan jiwa usaha dalam diri para pemuda disekitar pemboran sehingga tidak hanya menggantungkan pekerjaan kepada operator.

      “6 desa yang menjadi sasaran program ini akan kita jadikan percontohan. Karena enam desa itulah yang menjadi tetangga terdekat kegiatan kita,” sambung warga Desa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander ini.

      Peluncuran Program Tangguh ini dihadiri perwakilan dari Dinas Tenega Kerja, Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) Bojonegoro dan Kecamatan Ngasem. (suko)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more