13 Parpol di Bojonegoro Bakal Terima Cairan Dana Banpol

Selasa, 22 Juni 2021, Dibaca : 381 x Editor : samian

Arifin Jauhari
Sekdin Bakesbangpol Bojonegoro, Ainur Rofiq.


SuaraBanyuurip.com - Arifin Jauhari

Bojonegoro - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, bakal mencairkan sebanyak Rp. 1.176.303.000 dana Bantuan Keuangan Partai Politik (Banpol) kepada 13 Partai Politik (Parpol).

Sekretaris Dinas (Sekdin) Bakesbangpol Kabupaten Bojonegoro, Ainur Rofiq mengungkapkan, dana tersebut bakal secepatnya dicairkan setelah beberapa tahapan terpenuhi. Hal tersebut sebagai tindak lanjut lantaran sebanyak 13 Parpol di Bojonegoro seluruhnya telah mengajukan proposal.

Baca Lainnya :

    "Setelah pengajuan ini semua terverifikasi baru nanti dinaikkan ke Bupati," kata Ainur Rofiq, kepada SuaraBanyurip.com, Selasa (22/06/2021).

    Sesuai perolehan suara sah PKB 138.147 suara yang dikalikan nominal Rp 1.500, maka Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan mendapatkan dana Banpol paling besar. Yakni sebanyak Rp 227.220.500. Sedangkan yang terkecil bakal diterima oleh Partai Garuda, yaitu sebesar Rp 15.496.500. Berdasar perolehan suara sah partai itu sebanyak 10.331.

    Baca Lainnya :

      "Dana itu nantinya untuk pendidikan politik, kaderisasi dan operasional parpol. Regulasinya jelas, ada di PP No. 1 Tahun 2018 tentang Bantuan Keuangan kepada Partai Politik," terangnya.

      Selain itu, imbuh Ainur Rofiq, ada pula Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 36 Tahun 2018 tentang Tata Cara Penghitungan, Penganggaran dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), dan Tertib Administrasi Pengajuan, Penyaluran dan Laporan Pertanggungjawaban Penggunaan Bantuan Keuangan Partai Politik. Yang menjadi dasar pelaksanaan Banpol.

      "Pengajuan Banpol ini periodenya satu tahun sekali. Sumber dananya dari APBD. Biasanya dilakukan setelah hasil pemeriksaan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) sudah turun," pungkasnya.(fin)

       


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more