3 RPH di Bojonegoro Siap Potong Hewan Kurban Gratis

Senin, 19 Juli 2021, Dibaca : 262 x Editor : samian

Arifin Jauhari
GRATIS : Rumah potong hewan di Bojonegoro siap menjalankan penyembelihan sapi kurban tanpa dipungut biaya.


SuaraBanyuurip.com - Arifin Jauhari

Bojonegoro - Sebanyak tiga RPH (Rumah Potong Hewan) di Bojonegoro, Jawa Timur, siap melaksanakan pemotongan atau penyembelihan hewan kurban pada Hari Idul Adha yang jatuh pada hari Selasa (20/07/2021) besok. Ketiga RPH itu adalah RPH Padangan, RPH Bojonegoro, dan RPH Baureno.

Kepala UPTD (Unit Pelaksana Teknis Dinas) RPH, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro, drh. Yuyun Ariani Dahlan mengungkapkan, ada tujuh ekor sapi kurban yang telah dipastikan untuk disembelih sesuai permintaan pemilik di RPH Padangan pada tanggal 20 Juli 2021, atau tepat pada Hari Raya Idul Adha.

Baca Lainnya :

    Kemudian sebanyak dua ekor sapi kurban dijadwalkan disembelih pada hari yang sama di RPH Bojonegoro. Disusul besoknya pada Rabu (21/07/2021) tiga ekor juga akan disembelih di RPH Bojonegoro.

    "Untuk RPH Baureno rencananya ada tiga ekor sapi kurban yang didaftarkan untuk disembelih, tapi yang ini belum pasti. Masih mungkin ada perubahan," terangnya kepada SuaraBanyuurip com, Senin (19/07/2021).

    Baca Lainnya :

      Pelaksanaannya, pemilik yang ingin memotong hewan kurban melalui RPH, kata drh. Yuyun, bisa menghubungi petugas langsung di masing-masing RPH. Sedangkan sapi didatangkan pada H-1 pemotongan.

      Misalkan, untuk sapi yang akan dipotong pada tanggal 20, maka pada tanggal 19 sapi bisa didatangkan sore atau malam hari untuk dlakukan pemeriksaan antemortem. Hal itu diperlukan agar diketahui kelayakan pada hewan kurban.

      Dijelaskan, setelah pemeriksaan antemortem, atas izin pengurban, juru sembelih halal baru melaksanakan penyembelihan hewan kurban. Tetapi pengerjaan pembagian daging dilakukan oleh pengurban sendiri. Pihak RPH hanya menyediakan tempat dan pemeriksaan antemortem dan postmortem.

      "Kami siap melayani penyembelihan sapi kurban di RPH tanpa biaya, alias gratis," tandasnya.

      Berbeda dengan penyembelihan sapi kurban, sapi non kurban dikenai tarif retribusi. Sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) No. 10 Tahun 2020 yang mengatur jasa retribusi RPH. Dalam Perda itu disebutkan besaran tarif retribusi RPH.

      "Dalam Pasal 9 diatur, besaran tarif RPH untuk Sapi, Kerbau, Kuda (Betina tidak produktif) dikenai Rp. 65.000 per ekor. Untuk sapi kurban, tidak dikenakan tarif restribusi," tegasnya.(fin)

       


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more