30 Pelaku IKM Bojonegoro dan Tuban Terima Sertifikat Halal

Senin, 07 Juni 2021, Dibaca : 262 x Editor : samian

Arifin Jauhari
SIMBOLIS : Kepala Bakorwil Bojonegoro Dyah Wahyu Ernawati, saat menyerahkan sertifikat halal kepada perwakilan pelaku IKM.


SuaraBanyuurip.com - Arifin Jauhari

Bojonegoro - Sebanyak 30 pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) dari Kabupaten Bojonegoro dan Tuban, menerima sertifikat halal. Kegiatan yang diselenggarakan di gedung maharani tersebut difasilitasi oleh Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) Bojonegoro, Jawa Timur, (07/06/2021).

Ketua Forum IKM Jawa Timur (Jatim), M. Oskar mengatakan, bahwa halal adalah suatu hal yang sangat penting untuk pelaku industri berdaya saing. Agar produknya di masyarakat dirasakan aman dikarenakan telah dipastikan kehalalannya.

Baca Lainnya :

    "Sebagai tindak lanjut, dalam kegiatan ini kami memberikan sertifikat halal pada 20 pelaku industri yang ada di Bojonegoro dan 10 pelaku industri yang ada di Tuban, berlaku selama 4 tahun," katanya kepada SuaraBanyuurip.com.

    Disinggung tentang harapan Gubernur Khofifah tentang ekspor produk halal. Oskar menyatakan, kegiatan ekspor berlegalitas halal, sudah menjadi kewajiban bagi Forum IKM Jatim. Beberapa produk halal tersebut diantaranya telah diekspor ke Malaysia dan Hongkong melalui kargo udara dan kargo laut. Item produk halal itu yakni, keripik singkong, kopi, cengkeh, teh, coklat dan beberapa produk frozen.

    Baca Lainnya :

      "Dari total 3.000 lebih anggota kami pelaku industri di Jatim yang mencapai tingkat ekspor baru 3 persen. Sedang yang dari Bojonegoro dan Tuban baru ada dua pelaku IKM yang ekspor dari produk olahan keripik dan ikan kering," terangnya.

      Di tempat yang sama, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jatim, M. Hamid Pellu menuturkan, produk yang telah mendapat sertifikasi halal akan berdampak pada efek kepercayaan dari masyarakat yang akan berpengaruh pada peningkatan penjualan yang dirasakan para pelaku IKM.

      "Yang terpenting, jangan berhenti pada perolehan sertifikat itu saja. Saya sampaikan kepada para pelaku IKM, untuk mempertahankan kehalalan yang telah disertifikasi terus menerus," tandasnya.

      Kegiatan penyerahan sertifikat halal yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) tersebut ditandai secara simbolis oleh Kepala Bakorwil Bojonegoro Dyah Wahyu Ernawati kepada perwakilan Forum IKM Bojonegoro dan Tuban, dan disaksikan oleh pihak terkait.(fin)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more