6 Kecamatan di Tuban Jadi Sasaran Jalin Kesra

Rabu, 24 Oktober 2012, Dibaca : 1944 x Editor : nugroho

Edy Purnomo
POSE BERSAMA : Kepala Desa didampingi perwakilan Dinas Peternakan dan Koordinator Program Jalin Kesra usai penyerahan bantuan.


SuaraBanyuurip.com - Edy Purnomo

Tuban - Dinas Peternakan (Disnak) Provinsi Jawa Timur memberikan bantuan ternak sebanyak 1.978 paket kepada rumah tangga sangat miskin (RTSM) yang tersebar di enam kecamatan di Kabupaten Tuban, Rabu (24/10/2012). Bantuan ternak ini merupakan program jalan lain menuju kesejateraan rakyat (Jalin Kesra) Pemprov Jatim dalam rangka upaya mengurangi angka kemiskinan.

Enam kecamatan yang jadi sasaran program Jalin Kesra itu adalah Kecamatan Widang, Rengel, Soko, Senori, Bangilan dan Kecamatan Singgahan.

Baca Lainnya :

    "Bantuan ternak ini dirasa efektif untuk mengurangi angka kemiskinan karena sesuai kondisi wilayah masyarakat disini," ujar Nasirul Umam, Koordinator Kabupaten Program Jalin Kesra tahun 2012.

    Dia menjelaskan, untuk RTSM yang mendapat bantuan program Jalin Kesra ini disesuaikan dengan data statistik dari Badan Pusat Statistik (BPS).

    Baca Lainnya :

      “Untuk tahun 2012 ini, ada enam kecamatan di Tuban yang mendapat bantuan,” ungkap Nasirul.

      Dikonfirmasi saat mendampingi warganya menerima bantuan, Kepala Desa Rengel, Kecamatan Rengel, Muhtar, menyatakan terima kasih atas bantuan ternak dari Dinas Peternakan Jatim kepada warganya. Menurutnya bantuan berupa ternak ini akan coba diupayakan warganya untuk dikembang biakkan.

      "Terima kasih kepada Gubernur Jatim dan wakilnya, atas program bantuan yang sampai kepada warga," ujar Muhtar.

      Sementara itu, seorang warga yang ditemui dilokasi penerimaan hibah menyatakan, akan mengusahakan keberadaan ternak yang diterima untuk dikembangkan. Dengan harapan bisa sebagai tabungan pendidikan anaknya kelak atau kebutuhan mendesak lain.

      "Saya dapat bantuan 4 ekor kambing, dan akan saya kembangkan untuk jaga-jaga apabila kelak ada kebutuhan mendesak," ujar  Joyo Masri salah satu warga Desa Rengel.

      Untuk diketahui, tahun 2012 ini, Kabupaten Tuban memperoleh bantuan dari Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur berupa 1.978 paket hewan ternak berupa ayam dan kambing. Sedang untuk satu paket kambing sebanyak 4 ekor dan 35 ekor untuk paket bantuan berupa itik atau ayam. (edp/suko)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more