764 KK Desa Katur Terima Bantuan

Selasa, 12 Mei 2020, Dibaca : 483 x Editor : samian

Istw/Samian Sasongko
SIMBOLIS : Kades Sukono disaksikan Muspika Gayam menyalurkan BLT DD ke warga Katur di balai desa setempat.


SuaraBanyuurip.com - Samian Sasongko

Bojonegoro - Sebanyak 764 Kepala Keluarga (KK) dari total 1.398 KK di Desa Katur, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menerima bantuan dari pemerintah. Baik melalui bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Sembilan bahan pokok (Sembako) dari Pemkab Bojonegoro, dan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD).

"Yang sudah dapat bantuan 764 KK, dan tinggal 634 KK yang belum menerima bantuan sama sekali dari total 1.398 KK," kata Kepala Desa (Kades) Katur, Sukono, kepada Suarabanyuurip.com, Senin (11/5/2020) malam.

Baca Lainnya :

    Sukono mengungkapkan, untuk prosesnya tersebut tidak semudah membalikkan telapak tangan, karena perlu melalui mekanisme yang rumit. Mulai verifikasi data dari enam dusun yang dilakukan oleh perangkat desa di dusun masing-masing agar tidak terjadi doble penerimaan bantuan.

    "Jadi desa itu terima datanya dari Kepala Dusun (Kasun) masing-masing. Kalaupun misalnya masih ada sedikit kekurangan dalam memverifikasi kriteria warga miskin maklumlah manusiawi karena prosesnya rumit. Lagian kan masih bisa dilakukan verifikasi lagi," ujar kades ring 1 Lapangan Minyak Banyu Urip ini.

    Baca Lainnya :

      Pria yang menjabat dua periode Kades Katur ini merincikan, warga yang menerima bantuan dari PKH sebanyak 268 KK, BPNT 112 KK, Sembako 250 KK, dan dari BLT DD sebanyak 134 KK. Bantuan tersebut diambil langsung oleh penerima bantuan di petugas Bank Jatim disaksikan pendamping desa, dan perangkat desa.

      "Sesuai hasil verifikasi ulang perangkat, ada 8 KK dengan  sukarela menyerahkan bantuan yang diterima untuk diberikan kepada warga yang belum mendapatkan nanti pada pencairan BLT tahap dua. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Ibu Bupati Anna atas bantuan Sembakonya kepada warga kami," ujarnya.

      Dia menambahkan, bahwa pihaknya juga masih berupaya mencari terobosan agar warga yang belum mendapatkan bisa mendapatkan bantuan.

      "Mudah-mudahan upaya kami mendapatkan respon sehingga warga yang belum dapat bisa mendapatkan bantuan," pungkasnya.(sam)

       


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more