Ayo...Ikuti Lomba Desain Batik Khas Mojodelik

Minggu, 19 September 2021, Dibaca : 472 x Editor : nugroho


SuaraBanyuurip.com - Didik Jatmiko

Bojonegoro - Dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional pada 2 Oktober 2021 mendatang, Kelompok Sadar Wisata  (Pokdarwis) Puthuk Kreweng bersama Pemerintah Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur mengadakan Lomba Desain Batik Khas Mojodelik yang akan diselenggarakan pada 20 September sampai 12 Oktober 2021. Lomba kali pertama di desa ring satu ladang minyak Banyu Urip, Blok Cepu, ini merebutkan total hadiah Rp 1,3 juta.

 Ketua Pokdarwis Bumi Rahayu Mojodelik, M. Alifka Rizky mengatakan, selain memperingati Hari Batik Nasional, lomba ini sebagai upaya melestarikan kebudayaan menuju Mojodelik mandiri dan berbudaya.  

Baca Lainnya :

    "Kami ingin membuat identitas budaya khas Mojodelik melalui lomba desain batik," ujarnya. 

    Menurut dia banyak identitas khas dan kearifan lokal di Mojodelik yang dapat tuangkan dalam sebuah desain batik.  

    Baca Lainnya :

      "Salah satunya pohon Mojo," ucapnya. 

      Oleh karena itu, dirinya mengajak kepada semua masyarakat, terutama yang memiliki gairah besar melestarikan budaya untuk mengikuti lomba desain batik khas Mojodelik. 

      "Lomba ini gratis tidak dipungut biaya. Siapapun bisa mengikutinya," tegasnya. 

      Dijelaskan sejumlah ketentuan dalam lomba desain batik khas Mojodelik. Yakni peserta tidak dipungut biaya, peserta lomba perorangan, tidak menyinggung SARA, dan bertentangan dengan norma yang berlaku, hasil lomba menjadi hak panitia dan digunakan menjadi Batik Mojodelik, keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat dan penetapan juara hanya satu pemenang. 

      "Untuk ketentuan penilaiannya adalah orisinilitas karya, unsur estetika desain, mencantumkan ikon Gentong atau pohon Mojo dalam desain batik," terangnya. 

      Sedangkan untuk ketentuan administrasi, Alifka melanjutkan pendaftaran peserta dan pengiriman hasil desain melalui google form, dan hasil karya dikirim dalam bentuk softcopy dengan format JPG, PDF. Penilaian desain akan dilakukan pada 13 - 15 Oktober, pengumuman pemenang pada 16 Oktober, dan penyerahan hadiah pada 18 Oktober. 

      "Bagi pemenang akan memperoleh uang tunai satu juta rupiah, dan voucher masuk Wisata Puthuk Kreweng," pungkasnya.(dik) 



      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more