Bandara Ngloram Siap Layani Pesawat Carter

Minggu, 12 Januari 2020, Dibaca : 646 x Editor : nugroho

Ist
SIAP BERIKAN LAYANAN : Pengelola Bandara Ngloram membuka layanan pesawat carter setelah dilakukan uji coba kemarin.


SuaraBanyuurip.com - Ahmad Sampurno

Blora – Bandara Ngloram di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, siap memberikan pelayanan penerbangan setelah dilakukan uji coba pendaratan pesawat, Sabtu (11/1/2020) kemarin.

"Kami sudah siap apabila ada yang ingin mendapat pelayanan penerbangan domestik," ujar Kepala Satuan Pelaksana Bandara Ngloram, Abdul Rozzaq, Sabtu (11/1/2020). 

Baca Lainnya :

    Disampaikan, prosedur dilakukan tetap sama seperti saat kedatangan Dirjen Perhubungan Udara, Polana Banguningsih Pramesti. 

    “Penumpang di carter itu kan sudah tercatat. Nanti untuk pemeriksaan penumpang bisa dilakukan di Direksikeet yang difungsikan untuk ruang pelayanan,” jelasnya.

    Baca Lainnya :

      Sementara untuk proses carter pesawat ada pada perusahaan dan operator. 

      “Kami hanya melayani untuk bagaimana pesawat certer menggunakan Bandara Ngloram. Kita seoptimal mungkin pengguna Bandara Ngloram mendapat kenyamanan dengan fasilitas yang terbatas,” ujar Rozzaq.

      Pesawat Carter, lanjut dia, sifatnya dari pihak pengguna hanya menyewa selanjutnya mereka mengikuti penerbangan dari bandara asal menuju Bandara Ngloram.

      "Itu klausul antara pengguna dengan pemilik pesawat. Kami hanya menyediakan tempat untuk mendarat,” tandasnya.   

      Ditambahkan, pesawat yang bisa mendarat di Bandara Ngloram adalah jenis pesawat ATR 72 terbatas, karena panjang landasan hanya 1.200 meter. 

      “Artinya terbatas itu, kalau kemampuan pesawat untuk terbang landas sekira 70 orang. Maka harus ada pengurangan barang yang dibawa atau pengurangan penumpang,” tuturnya.

      Dijelaskan, untuk tahun 2020 ini, pembangunan Bandara Ngloram masih fokus melengkapi fasilitas sisi darat. Yaitu terminal dan jalan akses, untuk mendukung penerbangan komersial yang ditargetkan pada akhir tahun 2020.

      Namun, seandainya ada penerbangan komersial, kata Rozaq, nanti menggukan terminal temporer yang dianggap tidak layak.

      “Kami upayakan tahun ini ada kegiatan terminal. Untuk mendukung akhir tahun 2020 penerbangan komersial,” ucapnya. 

      Terkait kekurangan pada landasan, akan diupayakan tahun ini sudah ada fasilitas pendukung. Bersamaan pembangunan gedung terminal, lampu landasan, serta jalan akses sesuai rancana induk menuju gedung terminal dan fasilitas parkir kendaraan.   

      “Untuk jalan akses masih menunggu pembesan lahan,” tegas Rozzaq. 

      Dirjen Perhubungan Udara, Polana Banguningsih Pramesti, menegaskan, bahwa untuk penerbagan komersial Bandara Ngloram ditargetkan bisa dilakukan pada akhir tahun 2020. 

       “Akhir tahun ini bisa,” tandasnya.(ams)



      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more