Begini Cara Bojonegoro Hadapi Corona

Minggu, 15 Maret 2020, Dibaca : 782 x Editor : nugroho

Ist
ANTISIPASI : Petugas Polres Bojonegoro melakukan penyemprotan disinfektan di stasiun.


SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Bojonegoro - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Jawa Timur, telah melakukan sejumlah upaya preventif untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 di wilayahnya. Baik penyiapan sarana dan prasarana dan lock down agar masyarakat mengerti cara pencegahan dan penanganan Covid-19. 

Virus Covid-19 atau Virus Corona merupakan penyakit infeksi pada saluran pernafasan yang bisa berakibat fatal. Penyakit infeksi ini berasal dari Wuhan Tiongkok. Virus ini ditandai dengan Demam 38 Derajat Celsius, Batuk, Pilek, Sakit tenggerokan, Lemah Lesu dan Sesak Nafas.

Baca Lainnya :

    Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah menyampaikan, pencegahan dan penanganan Covid-19 tetap harus menggunakan protokol dari pemerintah pusat. Namun demikian, Bu Anna, panggilan akrab bupati, mengimbau kepada Kantor Pemerintahan, Kantor Pelayanan, tempat perdagangan harus menyediakan Hand Sanitiezer atau tempat cuci tangan. 

    "Bagi seluruh masyarakat yang akan melakukan perjalanan keluar kota agar mengisi formulir. Di formulir itu berisi kemana akan pergi dan kepada siapa saja berinteraksi," ujarnya saat memimpin rapat koordinasi pencegahan dan penangangan virus corona di Ruang Angling Dharma bersama Muspida, organisasi perangkat daerah (OPD) dan Camat, Minggu (15/3/2020).

    Baca Lainnya :

      Bupati Bojonegoro berharap agar seluruh masyarakat Bojonegoro paham betul tentang Coronavirus atau Covid-19 dan tata cara penanganan dan pecegahannya agar masyarakat tetap tenang dalam menghadapi wabah penyakit ini.

      Bupati Anna juga meminta agar masyarakat tidak serta merta menerima dan menyebarluaskan  informasi tidak benar atau Hoax dari media sosial, dan harus dilihat kebenarannya akan infromasi tersebut.

      "Pemerintah serius, siap dan mampu menangani Covid 19. Masyarakat tetap tenang dan waspada. Covid 19 bisa sembuh," pungkas mantan politisi senayan itu.(suko) 

      Berikut Upaya Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Kesehatan hadapi Corona : 

      1. Menyebarkan informasi dan edukasi kepada masyarakat terkait Novel Coronavirus (Covid-19) melalui Puskesmas, siaran radio dan media masa

      2. RSUD Dr. R. Sosodoro Sjatikoesoemo telah menjadi Rumah Sakit Rujukan Coronavirus (Covid-19)

      3. Melakukan pertemuan program surveilans (disampaikan pencegahan dan penanggulangan Covid-19) dan tatalaksana PD3I bagi petugas Puskesmas dan Rumah Sakit se Kabupaten Bojonegoro

      4. Mengusulkan 2 RSUD tambahan sebagai backup

      5. Koordinasi dengan Polres, Kodim 0813 serta Kantor Imigrasi Bojonegoro terkait pelacakan kepulangan warga Bojonegoro dari Negara terjangkit Covid-19, dan melakukan pemantauan  kepada warga Bojonegoro yang datang dari Negara terjangkit Covid-19 selama 14 hari

      6. Skrining kepada warga yang baru dating dari luar kota di Poskes Stasiun dan Terminal Bojonegoro dengan mengisi kartu kewaspadaan Covid-19

      7. Membuka pusat Informasi Covid-19 di call center 08113251666

      8. Mengupayakan penerapan protokol pencegahan Covid-19 di Transportasi dan Area Publik, untuk penyelanggaraan acara skala besar, di pasar, pedagang kaki lima dan restoran, area institusi pendidikan, komunikasi publik.



      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more