Berharap Operator Sosialisasikan Dampak Peningkatan Produksi Blok Cepu

Senin, 18 Mei 2020, Dibaca : 251 x Editor : nugroho

dok/sbu
LAPANGAN BANYUURIP : Pemdes ring satu berharap program pengembangan masyarakat ditingkatkan setelah produksi minyak dinaikkan.


SuaraBanyuurip.com - Ririn Wedia

Bojonegoro - Meski tidak dilibatkan dalam proses adendum Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) Lapangan Minyak Banyu Urip, Blok Cepu, namun Pemerintah Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, tetap berharap ada kepedulian dari perusahaan.

"Memang ada undangan saat proses Amdal, tapi itupun dokumennya sudah jadi. Kita hanya sebagai saksi saja, makanya tidak datang saat rapat," ujar Kepala Desa (Kades) Mojodelik, Yuntik Rahayu, Senin (18/5/2020).

Baca Lainnya :

    Menurutnya, jika memang perubahan Amdal untuk peningkatan Produksi di Blok Cepu dari 220 ribu barel per hari (Bph) menjadi 230 ribu barel per hari (Bph) sudah terbit, maka Kontraktor Kontrak Kerjasama (K3S) ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) sebaiknya meningkatkan kepedulian dan program tanggungjawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR)- nya kepada desa. 

    "Apalagi Desa Mojodelik yang paling terdampak, karna dekat dengan lokasi pengeboran," tegas kades perempuan ring satu Lapangan Minyak Banyu Urip itu.

    Baca Lainnya :

      Yuntik juga meminta agar EMCL mensosialisasikan peningkatan produksi di Blok Cepu ke semua desa terdampak. Agar masyarakat sekitar mengetahui dampak apa saja yang ditimbulkan, termasuk lingkungan. 

      "Mohon disosialisasikan, agar kami tahu dampaknya apa kalau produksinya naik," lanjut Kades dua periode ini.

      Menanggapi itu, Humas dan Juru Bicara EMCL, Rexy Mawardijaya, menyatakan, dengan diterbitkannya adendum Amdal di Blok Cepu sekarang ini, pihaknya akan berkoordinasii dengan SKK Migas, Kementerian ESDM.

      "Serta instansi terkait lainnya," pungkasnya.

      Rexy menambahkan, dalam menjalankan program pengembangan masyarakat, pihaknya terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan SKK Migas untuk memastikan program yang dilaksanakan sesuai kebutuhan masyarakat, dan sejalan dengan program pemerintah.(rien) 






      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more