Bersiap Menuju AKM, Disdik Bojonegoro Gelar Sosialisasi

Kamis, 07 Januari 2021, Dibaca : 242 x Editor : samian

Arifin Jauhari
SOSIALISASI : Disdik Bojonegoro menggelar sosialisasi AKM di gedung Sabha Sita Adi Kridha (7/1/2021).


SuaraBanyuurip.com - Arifin Jauhari

Bojonegoro - Dalam rangka menindaklanjuti program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) tentang Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) tahun 2021, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menggelar sosialisasi di gedung Sabha Sita Adi Kridha, Kamis (07/01/2021).

Kepala Dinas Pendidikan Bojonegoro, Dandi Suprayitno, mengungkapkan, AKM merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi pada masyarakat.

Baca Lainnya :

    "Ada dua kompentensi mendasar yang diukur AKM. Pertama literasi membaca, sedang kedua literasi matematika (numerasi)," jelas Dandi, sapaan karibnya, kepada SuaraBanyuurip.com.

    AKM, imbuh Dandi, dimaksudkan untuk mengukur kompetensi secara mendalam, tidak sekedar penguasaan konten.

    Baca Lainnya :

      "Literasi membaca didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, dan mereflekasikan berbagai jenis teks tertulis," terang Dandi.

      Sementara Numerasi dijelaskan sebagai kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta dan alat matematika.

      "Kami lakukan sosialisasi ini di awal, sebab nanti bulan Maret mendatang akan dilaksanakan secara Nasional," ujar Dandi.

      Masih masa pandemi, penyelenggaraan sosialisasi diatur dan dibatasi sedemikian rupa, sesuai standar protokol pencegahan Covid-19. Menjaga jarak, memakai masker, pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki ruangan, dan mencuci tangan atau membasuh tangan dengan hand sanitizer.(fin)

       


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more