BKN Regional II Jatim Pastikan Sistem Tes CPNS dan PPPK Tak Dapat Dicurangi

Selasa, 12 Oktober 2021, Dibaca : 782 x Editor : samian

Arifin Jauhari
Koordinator Panselnas BKN Kanreg II Jatim, Elisabeth (baju hijau) saat mempersiapkan instalasi aplikasi pelaksanaan tes CPNS.


SuaraBanyuurip.com - Arifin Jauhari

Bojonegoro - Sejumlah tim diterjunkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional II Jawa Timur (Jatim) untuk memastikan sistem tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tidak dapat dicurangi.

Hadir langsung mempersiapkan segala kebutuhan untuk terlaksananya tes berbasis CAT (Computer Assisted Test) di Gedung Olahraga (GOR) "Dabonsia" Bojonegoro, Koordinator Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) BKN Kantor Regional (Kanreg) II Jatim, Elisabeth Christifosa Purwoko bersama tim didampingi Kabid Pengadaan dan Pemberhentian Aparatur BKPP Bojonegoro, Joko Tri Cahyono.

Baca Lainnya :

    "Kami datang kesini sebagai panitia pelaksana seleksi nasional yang menggunakan CAT. Kami disini yang akan melakukan penginstallan aplikasi," kata
    Koordinator Panselnas BKN Kanreg II Jatim, Elisabeth Christifosa Purwoko, kepada SuaraBanyuurip.com.

    Dengan menggunakan CAT, hasil akan langsung bisa diketahui saat pelaksanaan tes berakhir. Secara data base, hasil tes dapat juga langsung dikirim ke BKN Pusat, secara real time. Selain itu, juga bisa dipantau secara live streaming melalui kanal you tube BKN.

    Baca Lainnya :

      Dijelaskan, tim Kanreg II BKN Jatim tersebut hadir memastikan seluruh alur dari awal sampai akhir telah sesuai dengan Standart Operation Procedure (SOP). Termasuk memastikan aplikasi-aplikasinya agar tidak dapat terjadi kecurangan dalam pelaksanaan seleksi.

      Selain antisipasi kecurangan, juga ditinjau pelaksanaan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat. Sesuai perintah atasan, Ellisabeth mencegah agar tidak menyebabkan terjadinya ledakan corona kedua dari pelaksanaan tes.

      "Mengenai aplikasi, sejauh ini aplikasi kami cukup aman. Karena teman-teman di BKN Pusat yang mengembangkan aplikasi ini terus melakukan up date. Sehingga keamanannya terjaga sekali," tandas perempuan yang karib disapa Elly ini.

      Secara teknis, menurut Elly, fungsi para pengawas setiap beberapa menit sekali akan berputar memastikan supaya para peserta tidak dapat membuka aplikasi yang lain selain aplikasi dari BKN.

      "Kami harus pastikan semua, agar tidak terjadi kendala pada saat pelaksanaan," tegasnya.(fin)

       


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more