Blora Belum Punya BPBD

Minggu, 02 Februari 2014, Dibaca : 2221 x Editor : nugroho

SuaraBanyuurip.com - Ali Mustofa

Blora – Meski menjadi salah satu daerah yang kerap dilanda bencana banjir Bengawan Solo dan kekeringan, namun Pemerintah Kabupaten Blora, Jawa Tengah, hingga saat ini belum membentuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Padahal pendirian institusi itu merupakan suatu keharusan di setiap kabupaten.

Ketua Badan Legislasi DPRD Blora, Sutrisno, menuturkan, belum dibentuknya BPBD di Blora karena harus diawali lebih dulu dengan reorganisasi Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) di Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang ada saat ini. Sebab dalam SOTK Satpol PP ada bidang yang khusus menangani bidang bencana daerah.

Baca Lainnya :

    "Perubahan SOTK itu harus dengan membuat peraturan daerah terlebih dahulu sebagai pijakan hukumnya," ungkapnya pada SuaraBanyuurip.com pada Minggu, (2/2/2014).

    Mbah Tris, demikian akrab disapa menyampaikan, sebetulnya peraturan daerah (Perda) tentang penanggulangan bencana daerah sudah diusulkan dari dulu. "Bahkan tahun 2013 kemarin juga sudah masuk prolegda," sebutnya.

    Baca Lainnya :

      ''Tahun ini kami masukan lagi rencana pembuatan perda pembentukan BPBD dalam prolegda,'' ujar Mbah Tris. Dia mengatakan, pembentukan BPBD masuk prioritas tahun 2014 ini, karena dari semua kabupaten di Jawa Tengah hanya Blora yang belum ada. ''Pembentukan BPBD menjadi salah satu prioritas. Karena itu perdanya harus diselesaikan tahun ini,'' kata Sutrisno yang juga anggota DPRD dari partai Golkar.(ali)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more