Blora Galakkan Tanam Buah

Selasa, 21 Maret 2017, Dibaca : 1840 x Editor : nugroho

ahmad sampurno
MENANAM : Bupati Blora, Djoko Nugroho usai melakukan penanaman bibit buah-buahan di kebun Jambu Kristal Desa Tempuran.


SuaraBanyuurip.com - Ahmad Sampurno

Blora - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora, Jawa Tengah, mulai menggalakkan gerakan penanaman buah di wilayahnya. Cara ini sebagai upaya untuk mengubah lahan wilayah Blora yang gersang menjadi pusat komoditi hortikultura. 

Ada 1900 bibit jenis buah-buahan yang diberikan Pemkab Blora secara gratis kepada masyarakat melalui perwakilan kelompok tani.

Baca Lainnya :

    "Tolong semua bibit tanaman yang kita bagikan untuk ditanam dan dirawat sebaik mungkin," pesan Bupati Blora, Djoko Nugroho di sela penanaman bibit di kebun Jambu Kristal Desa Tempuran, Kecamatan Blora, Senin (20/3/2017) kemarin. 

    Menurutnya, menanam buah seperti halnya merawat anak. Tanaman juga perlu perawatan dan perhatian agar bisa berbuah dengan baik.

    Baca Lainnya :

      "Jika ada kendala segera konsultasikan dengan petugas penyuluh pertanian terdekat. Saya ingin Blora yang dahulunya terkesan gersang karena didominasi jati, kini harus bisa menjadi pusat komoditas hortikultura," ujarnya. 

      Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Blora, Reni Miharti menambahkan,  petani tidak perlu menunggu waktu panen buah yang telah ditanam. Karena tanaman buah-buahan yang ditanam menggunakan sistem tumpang sari. 

      Hal itu seperti yang sudah dilakukan warga Desa Tanggel, Kecamatan Randublatung. Sembari menunggu pohon jeruknya berbuah dalam kurun waktu 3 tahun, petani di sana menanami lahan di bawahnya dengan tanaman cabai merah, terong dan sayuran lainnya.

      "Sehingga walaupun belum mendapatkan hasil dari jeruknya, mereka  sudah bisa merasakan panen cabai, terong dan lainnya," ungkapnya.(ams)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more