Bojonegoro Targetkan Produksi 1 juta Ton

Rabu, 21 Januari 2015, Dibaca : 1373 x Editor : nugroho

ririn wedia
DIALOG : Bupati Suyoto sebelum melakukan panen raya dengan KASAD Jendral TNI Gatot Nurmantyo di Desa Gedongarum, Kanor.


SuaraBanyuurip.com - Ririn Wedia

Bojonegoro - Bupati Bojonegoro, Jawa Timur, Suyoto, menargetkan produksi padi pada tahun 2016 mendatang mencapai 1 Juta Ton. Hal ini untuk mendukung program ketahanan pangan, sekaligus meuwujudkan Bojonegoro sebagai lumbung pangan negeri. 

Demikian disampaikan Suyoto pada acara Unjuk Karya Petani di Desa Gedongarum, Kecamatan Kanor, kepada Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Eko Wiratmoko, Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf, dan Dirjen Tanaman Pangan, Hasil Sembering.

Baca Lainnya :

    “Sekarang saja dari total keseluruhan panen padi di Bojonegoro berhasil mencapai 858.600 ton,” ujar Suyoto.

    Menurut Suyoto,  produksi 1 juta ton ini akan terwujud jika faktor pendukungnya terpenuhi. Di antaranya ketersediaan air untuk irigasi areal pertanian bagi wilayah yang jauh dari aliran sungai Bengawan Solo.

    Baca Lainnya :

      “Selain itu juga ketersediaan pupuk di Kabupaten Bojonegoro harus dijamin agar mendukung pada masa musim tanam,” tegasnya.

      Ketua DPW PAN Jatim itu menyampaikan, pemilihan bibit unggul dan pemupukan berimbang serta pengendalian hama juga mutlak harus dilakukan. Namun kendalanya belum ada orang-orang yang ahli dalam hal tersebut untuk membimbing para petani.

      “Kami berharap pemerintah pusat bisa menyanggupi faktor pendukung tersebut,” harpa bupati yang akrab disapa Kang Yoto itu. 

      Sementara itu, Wakil Gubernur Jatim, Syaifullah Yusuf, berjanji, memberikan dukungan penuh kepada petani di Bojonegoro yang berhasil meningkatkan produksi padi hingga memasuki 5 besar kabupaten di Jatim.  Keberhasilan itu merupakan kontribusi terhadap ketahanan pangan.

      “Alhamdulillah, di sini baik padi, jagung, kedelai, bawang merah, produksinya terus meningkat,” sambung Syaifullah Yusuf.(rien)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more