Buntut Kasus Persibo, PSSI Jatim Istirahatkan Perangkat Pertandingan

Rabu, 08 Desember 2021, Dibaca : 1879 x Editor : nugroho

dok.jombangupdate.com
MENINGGALJAN MASALAH : Pertandingan Persibo Bojonegoro versus Mitra Surabaya di Liga 3 Jatim.


SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Bojonegoro - Kasus pemain tidak sah yang diturunkan Persibo Bojonegoro saat meladeni Mitra Surabaya di babak 32 besar Liga 3 Glow for Men Jatim pada 2 Desember 2021 di Stadion Gelora Joko Samudro Gresik, berbuntut panjang. Asprov PSSI Jatim mengistirahatkan semua perangkat pertandingan yang bertugas pada pertandingan tersebut.

Perangkat pertandingan yang diistirahatkan adalah wasit Riyadusolihin, asisten wasit Adi Irawan, Muhammad Batradiansar dan wasit cadangan Lukman Adiputra. Mereka tidak akan bertugas selama lima bulan.

Baca Lainnya :

    “Untuk match commisioner yang bertugas saat itu yakni Zudi Hariyanto kami istirahatkan sampai kompetisi Liga 3 MS Glow for Men ini selesai,” kata anggota Komite Kompetisi PSSI Jatim, Cahyanto dilansir dari situs pssijatim.com.

    Akibat menurunkan pemain tidak sah dan tidak sesuai daftar susunan pemain (DSP), Persibo Bojonegoro dijatuhi hukuman kalah 3-0 atas Mitra Surabaya, dan denda Rp 20 juta oleh Komisi Banding (Komding) PSSI Jatim.

    Baca Lainnya :

      "Kami telah melakukan pembinaan agar mereka nantinya selama bertugas bisa lebih baik lagi," tegas Cahyanto.

      Dijelaskan, dari mulai babak pendahuluan sampai dengan Babak 16 besar telah melakukan evaluasi dan penilaian kepada perangkat yang bertugas ada beberapa case di Lapangan yang sampai ke penanganan komite disiplin.

      "Dari hasil pengamatan dan penilaian berdasarkan fakta di lapangan saat laga Persibo vs Mitra Surabaya sudah lakukan penerapan hukuman kepada yang bertugas," tandasnya.

      Sementara untuk perangkat pertandingan yg bertugas dalam laga Persibo vs Mitra, komite wasit PSSI Jatim melakukan evaluasi.

      “Setelah kami pelajari bersama anggota komite wasit, kami menyimpulkan adanya kelalaian oleh perangkat pertandingan yg tidak melakukan antisipasi terhadap potensi kesalahan yang bisa terjadi,” tegas anggota Komite Eksekutif PSSI Jatim, Purwanto.

      “Berdasarkan laporan pertandingan yang juga kami lihat dan pelajari juga ternyata ditemukan adanya kesalahan dalam membuat laporan," lanjut dia.

      Dengan kejadian tersebut di atas, Purwanto melanjutkan maka komite wasit dan anggota komite wasit, mengistirahatkan wasit Riyadusolihin, asisten wasit Adi Irawan, Muhammad Batradiansar dan wasit cadangan Lukman Adiputra selama lima bulan.

      Akibat hukuman Komding PSSI Jatim, langkah Persibo untuk melaju ke 16 besar Liga 3 harus kandas. Apalagi, permohan peninjauan kembali (PK) yang diajukan Manajemen Persibo ditolak Badan Yudisial PSSI Jatim.(suko)


Show more