Cegah Sebaran Corona, Muspika Gayam Patroli Tempat Usaha

Minggu, 22 Maret 2020, Dibaca : 334 x Editor : nugroho


SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Bojonegoro - Musyawarah Pimpinan Kecamatan atau Muspika Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, melakukan patroli malam hari di warung-warung di wilayahnya untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19. 

Patroli tersebut sebagai tindaklanjut dikeluarkannya instruksi bersama yang ditandatangani Bupati Bojonegoro Anna Muawanah, Kapolres AKBP. Budi Hendrawan, dan Dandim 0813 Letkol Inf Bambang Hariyanto, pada 21 Maret 2020.

Baca Lainnya :

    Salah satu isi instruksi bersama adalah membatasi operasional pusat perbelanjaan dan tempat usaha lainnya (warung, toko, cafe) sampai dengan pukul 22.00 WIB, harus sudah tutup, serta mengatur mekanisme berbelanja dan antrian sesuai dengan protokol pencegahan dan penanganan Covid-19. 

    "Patroli kita lakukan mulai Sabtu malam kemarin dan malam ini. Kemarin kita di backup SSK Rayon 2 Polres Bojonegoro," ujar Camat Gayam, Agus Hariyana Panca Putra kepada suarabanyuurip.com, Minggu (22/3/2020). 

    Baca Lainnya :

      Agus, sapaan akrabnya, menjelaskan dalam patroli tersebut pihaknya memberikan imbauan kepada pemilik warung dan warga untuk mematuhi aturan yang sudah ditetapkan pemerintah untuk mengendalikan penyebaran Covid-19.

      "Kita juga sosialisasikan kepada warga cara mengenali gejala klinis dan pencegahan virus corona atau covid-19," tegas mantan Plt. Kepala Dinas Perdagangan Bojonegoro itu. 

      Berdasarkan peta sebaran virus corona di Bojonegoro, wilayah ring satu Lapangan Minyak Banyu Urip, Blok Cepu - sebutan lain Kecamatan Gayam- masih belum ada status orang dalam pemantauan (ODP). Namun demikian, Agus berharap adanya peran aktif semua elemen masyarakat di wilayahnya untuk meningkatkan kesadaran dan bersama-sama mengendalikan penyebaran Covid-19.

      "Tanpa dukungan dari masyarakat upaya yang dilakukan pemerintah untuk mencegah dan mengendalikan Covid-19 ini akan sia-sia. Karena itu kami minta warga mematuhi aturan yang sudah ditetapkan," pesan Agus. 

      Agus menambahkan, patroli ini akan dilaksanakan setiap hari pada malam hari untuk memantau warung atau tempat usaha yang ada di wilayah Gayam.

      "Kita bentuk tim yang dibagi di beberapa tempat untuk memantau keberadaan warung-warung. Jangan sampai mereka tutup melebihi jam 10 malam. Ini wajib dilaksanakan, tidak ada dispensasi untuk kenyamanan dan keamanan bersama," pungkas Agus.

      Imam Syafi'i, warga Dusun Temlokorejo, Desa Gayam, menyambut baik patroli malam hari yang dilaksanakan Muspika. Menurutnya, kegiatan tersebut menunjukkan kepedulian terhadap warga sebagai upaya mencegah dan mengantisipasi penyebaran virus corona. 

      "Patroli ini perlu terus dilakukan sampai kondisi Bojonegoro benar-benar aman dari corona," ujar Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Gayam itu.(suko)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more