CJH Diminta Jaga Kebugaran Fisik

Jum'at, 19 Agustus 2016, Dibaca : 483 x Editor : samian

Ali Imron
BERSIAP BERANGKAT : Ratusan CJH Tuban khusuk mengikuti kegiatan manasik terakhir sebelum berangkat ke tanah suci.


SuaraBanyuurip.comAli Imron

Tuban- Kementerian Agama (Kemenag) Tuban, Jawa Timur, meminta 792 Calon Jamaah Haji (CJH) yang berangkat tanggal 26-27 Agustus 2016 mendatang untuk selalu menjaga kondisi kebugaran fisiknya. Sebab informasi dari Arab Saudi, suhu rata-rata saat siang hari mampu mencapai 50-54 derajat celsius.

"CJH harus menjaga kesehatan fisiknya sebelum dan saat menjalankan ibadah di Tanah Suci," kata Kasi Haji dan Umroh Kemenag Tuban, Abdul Ghofar, kepada

Baca Lainnya :

    suarabanyuurip.com, ketika ditemui dalam kegiatan manasik haji terkahir di Asrama Haji di Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Tuban, Kamis (18/8/2016).

    Dalam kegiatan manasik terkahir ini, Ghofar menekankan CJH untuk mengontrol kebutuhan minum setiap saat. Selain itu, saat di Tanah Suci kapanpun, dan dimanapun untuk membawa kantong kencing khusus. CJH juga diminta memahami pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan rukun-rukunnya.

    Baca Lainnya :

      Dalam kegiatan manasik haji, CJH dilatih tentang rukun haji, persyaratan, wajib, sunah, maupun hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama pelaksanaan ibadah haji.

      Selain itu, CJH juga harus belajar bagaimana cara melakukan praktik tawaf, sa’i, wukuf, lempar jumrah, dan prosesi ibadah lainnya dengan kondisi yang dibuat mirip dengan keadaan di tanah suci.

      Manasik haji juga diperlukan guna memberikan pemahaman kepada setiap calon jamaah haji tentang tujuan utama keberangkatan mereka ke tanah suci. Pasca melaksanakan manasik haji, CJH akan dapat memahami beberapa hal yang harus dilakukan pada saat melakukan ibadah haji nantinya.

      “Terpenting CJH juga diajari budaya, bahasa, dan kondisi alam di Arab Saudi,” imbuhnya.

      Ditambahkan pula, sebagai bentuk apresiasi ibadah ke Tanah Suci, Pemerintah Daerah (Pemda) memberikan dana hibah sebesar Rp 300 juta. Untuk mendukung proses pemberangkatan, maupun pemulangan menuju atau dari Surabaya. (aim)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more