Daging Sapi Mahal, Konsumen Beralih Ayam

Minggu, 25 November 2012, Dibaca : 1402 x Editor : nugroho

edy purnomo
SEPI : Mahalnya daging sapi sekarang ini membuat konsumen mencari alternatif lainnya, salah satunya daging ayam.


SuaraBanyuurip.com - Edy Purnomo

Tuban - Akibat melambungnya harga daging sapi dipasaran, membuat konsumen yang biasanya mengkonsumsi daging sapi ramai-ramai beralih ke daging ayam. Mereka memilih daging ayam karena selain murah juga untuk menghemat pengeluaran.

Daging ayam menjadi primadona pengganti daging sapi karena harga per kilo gramnya antara Rp 14 ribu hingga Rp. 18 ribu. Sedangkan daging sapi saat ini harganya menembus sampai kisaran Rp. 80 ribu per kilo gramnya.
Alasan lain mayoritas konsumen menyukai daging ayam ketimbang daging kambing. Sebab daging kambing hanya dikonsumsi oleh kalangan tertentu.

Baca Lainnya :

    "Kita beli daging kan biasanya kalau ada hajatan. Jadi kita pilih alternatif ayam karena pasti banyak yang suka mengkonsumsinya," ujar Devi (34), ibu rumah tangga asal kelurahan di Kecamatan Kota, Kabupaten Tuban saat dijumpai disalah satu los daging pasar Besar Tuban, Jawa Timur, Sabtu (24/11/2012).

    Sementara itu, beberapa pedagang daging yang ditemui mengaku merasakan dampak naiknya harga daging sapi saat ini. Omset penjualan mereka menurun drastis karena kalah dengan.meningkatnya permintaan dan minat harga daging ayam dagangannya.

    Baca Lainnya :

      "Beberapa hari ini memang permintaan daging sapi sepi, mungkin karena harganya mahal," ujar Prapti (38), pedagang daging di Pasar Besar Tuban.

      Meski begitu, dia sama sekali tidak berminat untuk menaikkan harga daging ayamnya meski permintaan naik. Selain karena faktor kasihan, juga sebagai bentuk upaya menjaga hubungan baik antara pelanggan dan pembeli.

      "Nanti kalau saya naikkan, pasti pelanggan saya akan lari," tambah Prapti.

      Untuk diketahui, harga daging sapi di Kabupaten Tuban beberapa hari ini mengalami kenaikan signifikan. Harga daging sapi dengan kualitas baik bahkan menembus hingga Rp. 85 ribu untuk per kilo gramnya. (edp/suko)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more