Dapat Pelayanan Kesehatan dari Sahabat Pertamina, Kasmijah Berharap Makin Sehat

Minggu, 31 Oktober 2021, Dibaca : 289 x Editor : nugroho

Joko Kuncoro
PEDULI WARGA : Petugas Sahabat Pertamina berikan pelayanan kesehataan gratis bagi warga binaan sekitar Lapangan Migas Sukowati.


SuaraBanyuurip.com - Joko Kuncoro

Bojonegoro - Program sahabat Pertamina memberikan manfaat banyak bagi keluarga kurang mampu. Salah satunya Kasmijah, warga Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro. Ia menerima pemeriksaan dan pengobatan gratis dari Sahabat Pertamina.

Kasmijah merasa terbantu dengan adanya program dari Sahabat Pertamina ini. Selain menerima pelayanan kesehatan, ia juga dapat mengetahui makanan apa saja yang perlu dihindari untuk menjaga kesehatannya.

Baca Lainnya :

    Perempuan berusia 78 tahun ini menderita penyakit gula darah dan linu pada lututnya semenjak 47 tahun lalu. Namun, meski menderita penyakit dan usianya sudah cukup tua ia masih bisa beraktivitas. Yakni mengembala kambing di sekitar rumahnya.

    "Ya, saya setiap hari mengembala kambing, mencari kayu hingga, rumput," kata Kasmijah meski harus dibantu anaknya saat bicara karena gangguan pendengaran.

    Baca Lainnya :

      Dia mengatakan, sahabat Pertamina sangat memperhatikan warga, dengan mengunjungi dan mengecek kesehatan dari keluarga binaan. Tentu, harapannya dengan adanya program ini warga akan semakin sehat.

      Dengan pelayanan Sahabat Pertamina, ia dapat mengetahui makanan apa yang harus dihindari agar penyakit gula darah dan linu tidak kambuh. Misalnya seperti harus menghindari makanan asin dan memperbanyak makanan sayur-sayuran serta buah.

      "Dan mengetahui saat penyakit nyeri atau linu kambuh yakni dengan membasuh kaki dengan air hangat," jelas perempuan asal Desa Sambiroto itu, Sabtu (30/10/2021).

      Sementara itu, Salah satu Penanggung Jawab keluarga binaan (KaBi) Desa Sambiroto, Galuh Bachti Prayoga, mengatakan, Kasmijah, mendapatkan kunjungan dari Sahabat Pertamina hingga lima kali untuk melakukan pemeriksaan. Kunjungan ini diberikan untuk melihat perkembangan Kasmijah dan melakukan pengecekan kesehatan.

      Misalnya, saat ada Sahabat Pertamina berkunjung kasmijah mendapatkan terapi relaksasi dengan membasuh air hangat yakni untuk mengurangi rasa linu. Selain itu, juga mengecek tensi darah apakah normal atau tidak.

      "Untuk tensi darah Ibu Kasmijah tadi sekitar 170, biasanya bagus yakni 160," jelasnya.

      Dia mengatakan, ada lima kali pertemuan atau kunjungan keluarga binaan yang dilakukan sahabat Pertamina. Di antaranya pengecekan keluhan penyakit atau kesehatan, pemeriksaan fisik sesuai keluhan hingga terapi seperti distraksi hingga relaksasi.

      Juga, penyuluhan program dan emperkenalkan yang ngebor migas ini siapa. Dan terakhir, mengevaluasi apakah keluarga binaan ada peningkatan kesehatan atau tidak terkait penyakit.

      "Kami juga memberikan pengetahuan terkait penyakit dan apa saja yang dilakukan saat penyakit kambuh," tambahnya.(jk)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more