Debit Air Waduk Pacal Sudah Capai 1 Juta Kubik

Senin, 12 November 2012, Dibaca : 2075 x Editor : nugroho

rin
MULAI TERISI : Volume air di waduk Pacal terus bertambah dengan mulai datanganya hujan beberapa hari terakhir ini.


SuaraBanyuurip.com - Ririn W

Bojonegoro – Volume air Waduk Pacal  di Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, terus bertambah. Sebelumnya  dipapan duga yang awalnya 100 meter dengan volume air 800 meter kubik, kini naik menjadi 1.000.000 m3.

Petugas Waduk Pacal Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Bengawan Solo Kabupaten Bojonegoro, Djasmani mengatakan bertambahnya air di Waduk Pacal ini karena adanya hujan turun dalam sepekan terakhir. Debit air di waduk pacal itu dia prediksi akan terus bertambah dengan semakin meningkatnya curah hujan.

Baca Lainnya :

    “Meskipun tidak setiap hari turun hujan, namun mampu meningkatkan intensitas air diantaranya  11 mm, 27 mm, 42 mm dan 25 mm,” katanya,Senin 12/11/2012.

    Dikatakan, selama musim kemarau melanda Waduk Pacal sempat mengalami kekeringan. Namun hal ini tidak mengakibatkan bangunan bendung mengalami kerusakan seperti keretakan.

    Baca Lainnya :

      “Kalau intensitas hujan normal, maka debit air Waduk bisa kembali penuh dan digunakan sebagai pengairan seperti sedia kala,” sergah Djasmani.

      Dia menambahkan, air Waduk Pacal ini mampu mengairi lahan pertanian seluas 4.000 hektare yang tersebar di enam kecamatan di Bojonegoro.

      Terpisah, Kepala Dinas Pengairan Bojonegoro, Zaenal mengatakan untuk  program tahun 2013 mendatang Pemkab Bojonegoro akan membuat 1000 embung dan waduk  kecil   yang tersebar di 28 Kecamatan dengan menyesuaikan lahan selama musim penghujan in.

      “Banyak yang kami rencanakan. Meskipun target hampir 1000 embung dan waduk kecil namun berapapun yang dapat direalisasikan nanti diharapkan mampu mencukupi kebutuhan pengairan bagi masyarakat di musim  kemarau tahun berikutnya,” tukasmya. (rin/suko)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more