Diserang Hama Hasil Panen Merosot

Minggu, 28 April 2013, Dibaca : 2109 x Editor : nugroho

samian sasongko
MENGUNING : Daun kacang tanah yang terserang hama berubah warnanya menjadi kuning dan mempengaruhi produksi.


SuaraBanyuurip.com - Samian Sasongko

Bojonegoro - Tahun 2013 ini bisa dibilang masa tidak menguntungkan petani diwilayah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Pasalnya, selain produksi padi merosot, produksi tanaman palawija juga tak maksimal.

Pantauan dilapangan menyebut, merosotnya hasil pertanian maupun palawija itu mayoritas disebabkan serangan hama dan cuaca alam. Akibatnya membuat kondisi tanaman padi maupun kacang tanah serta tanaman lainnya mudah diserang hama. Padahal petani sudah melakukan penyemprotan.

Baca Lainnya :

    "Tahun 2013 ini bisa dikatakan tahun yang kurang beruntung bagi petani, Mas. Karena, kemrosotan itu tidak hanya panen padi saja. Kacang tanah pun juga ikut mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu," ungkap Yasir, salah satu petani di Desa Dukoh Kidul, Kecamatan Ngasem, Sabtu (27/4/2013).

    Yasir mengaku, memiliki dua petak sawah. Untuk tahun lalu dua petak sawahnya mampu menghasilkan 15-20 karung kacang tanah. Namun sekarang hanya mendapatkan hasil 8-10 karung.

    Baca Lainnya :

      ”Ini pun sudah ngoyo, Mas," sergah dia.

      Senada disampaikan Saidi, warga Dusun Sendang Gerong, Desa Ngadiluwih, Kecamatan Ngasem. Ia mengatakan, hampir mayoritas rusaknya tanaman padi maupun kacang tnah itu disebabkan oleh serangan hama dan curah hujan yang tidak teratur. Sehingga berdampak pada tanaman yang mudah mati dan terserang hama.

      Saidi mengaku telah berulang kali melakukan penyemprotan untuk membasi hama yang menyerang tanamannya. Namun daun tanaman itu masih tetap memutih kekuning-kuningan.

      "Menteken ini sulit untuk dihilangkan. Kalau dipadi hampir keseluruhan penyakitnya potong leher. Daunya kering seperti klaras," ungkap Saidi saat ditemui suarabanyuurip.com dilahan pertaniannya yang tak jauh dari sumur gas Jambaran, Blok Cepu.(sam)

       


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more