Dorong RUU Kepalangmerahan Segera Disahkan

Rabu, 16 Maret 2016, Dibaca : 906 x Editor : samian

SuaraBanyuurip.comRirin Wedia

Bojonegoro - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mendorong pengesahan Rencana Undang-Undang (RUU) Kepalangmerahan. Sebab, peran PMI tidak bisa dipandang sebelah mata dalam menangani kebencanaan.

"Para relawan yang membantu kebencanaan perlu perlindungan hukum," tegas Ketua PMI Kabupaten Bojonegoro, Herry Sudjarwo, Rabu (16/3/2016).

Baca Lainnya :

    Saat ini, PMI masih belum mengikat para relawan karena hanya ada keputusan presiden (Kepres) yang ditanda tangani Soekarno, pada tahun 1949.

    "Dengan disahkan RUU Kepalangmerahan maka payung hukumnya jelas," tandasnya.

    Baca Lainnya :

      Pria yang juga menjabat Kepala Dispenda Bojonegoro ini menuturkan, telah menyerahkan usulan RUU kepalangmerahan beberapa tahun lalu ke DPR RI, namun RUU Kepalangmerahan masuk Prolegnas urutan ke 107.

      "UU kepalangmerahan, tujuannya untuk melindungi tugas-tugas kemanusian," imbuhnya.

      Selama ini lambang PMI juga disalah gunakan untuk kepentingan pribadi. Hal ini bisa mencoreng nama baik PMI bahkan merugikan orang lain.

      "Sehingga relawan Bojonegoro, seiya sekata untuk RUU segera disahkan," harapnya.

      Para relawan yang tergabung di PMI bekerja dengan sukarela karena panggilan sosial. Meski tidak ada kendala saat menjalankan tugas, namun mereka wajib dilindungi oleh Undang-undang.

      "Kalau pemerintah tidak memperhatikan, siapa lagi, terlebih selama ini bantuan ke PMI kebanyakan dari luar negeri seperti Norwegia dan Swiss," pungkasnya. (Rien)


Show more