DPR RI Akan Alokasikan Rp 30 Miliar untuk Pengembangan Bandara Ngloram

Minggu, 12 September 2021, Dibaca : 388 x Editor : nugroho

Ahmad Sampurno
Anggota Komisi V DPRRI, Sudewo.


SuaraBanyuurip.com - Ahmad Sampurno

Blora - DPR-RI akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp30 miliar untuk pembebasan lahan Bandara Ngloram, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah seluas 5 hektare (Ha) pada tahun 2022 mendatang.   Lahan tersebut akan digunakan pembangunan fasilitas pendukung bandara.

"Di sini masih ada kekurangan perkantoran, kantor untuk petugas bandara, kantor BMKG, kemudian kantor navigasi, termasuk lokasi parkir," ujar Anggota Komisi V DPRRI,  Sudewo di sela-sela menghadiri program padat karya pembangunan pendukung Bandara Ngloram, Sabtu (11/9/2021). 

Baca Lainnya :

    Politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerinda) ini juga ingin memberikan dukungan kepada Direktorat Perhubungan Udara supaya melakukan koordinasi dengan airlines. Tujuanya agar ada kepastian airlines untuk melakukan penerbangan ke Bandara Ngloram, atau Bandara Ngloram ke daerah lain.

    Selain itu, lanjut Sudewo, Direktorat Perhubungan Udara perlu melakukan koordinasi dengan calon para penumpang. Karena Cepu memiliki satu potensi sumber daya alam (SDA) yang sangat besar.

    Baca Lainnya :

      "Dengan hadirnya ExxonMobil, Pertamina, SKK Migas. Ini sudah berjalan sekian tahun lamanya dan perlu ada sarana transportasi udara untuk menunjang pertumbuhan energi minyak dan gas. Tentunya akan memberikan dampak ekonomi yang nyata dengan hadirnya Bandara Ngloram ini," tandasnya.

      Sebagai dukungan terhadap eksistensi Bandara Ngloram, pihaknya akan mengagendakan dengan anggota komisi V melalui kunjungan spesifik atau kunjungan reses untuk bisa hadir melalui jalur udara. Mendarat di Bandara Ngloram. 

      "Sehingga akan memperkuat dukungan DPR RI terhadap eksistensi Bandara Ngloram. Rencana akan saya kooordinasikan," tegas Politisi Senayan dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Tengah III ini.

      Sementara itu, Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Dewadaru, Ariadi Widiawan berharap dengan kedatangan DPR-RI ini bisa mempercepat pembangunan dan pengoperasian Bandara Ngloram.

      Terkait progres pembangunan dan kesiapan bandara, dia menjelaskan, dari sisi udara sudah selesai. 

      "Tinggal upgrade. Untuk pengoperasian sudah bisa dilakukan. Andaikan sekarang ada pesawat,  bisa kita layani," ungkap Ariadi.

      Adapun untuk terminal, lanjut dia, sudah 90 persen. Tinggal mengisi check in furniture dan sebagainya.

      "Kita targetkan secepatnya  untuk dapat beroperasi," tegasnya.

      Ariadi menambahkan, total anggaran pembangunan Bandara Ngloram hingga sekarang ini mencapai Rp100 miliar.   

      "Itu diluar pembebasan lahan, karena pembebasan lahan dari Pemkab Blora dan Provinsi Jateng," pungkasnya.(ams)



      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more