DPRD Kawal Keterlibatan Naker Lokal Proyek Gas JTB

Selasa, 07 Juli 2020, Dibaca : 250 x Editor : nugroho

dok/sbu
JANJI KAWAL : Tenaga kerja yang terlibat di proyek EPC-GPF JTB mencapai ribuan, yang sebagain besar warga lokal Bojonegoro.


SuaraBanyuurip.com - Ririn Wedia

Bojonegoro - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bojonegoro, Jawa Timur, akan mengawal keberadaan proyek rekayasa, pengadaan dan konstruksi fasilitas pemrosesan gas (Engineering, Procurement, and Contsructions - Gas Proccesing Facilities/EPC - GPF) Jambaran - Tiung Biru yang dilaksanakan PT Rekayasa Industri (Rekind).

"Kita akan kawal keberadaan proyek di JTB yang akan serap ribuan tenaga kerja sampai puncak pekerjaan konstruksi," tegas Ketua DPRD Bojonegoro, Imam Sholikhin, Senin (6/7/2020). 

Baca Lainnya :

    Sholihin mengaku selama ini masih belum mendapatkan data jumlah tenaga kerja proyek gas JTB dari Rekind maupun Pertamina EP Cepu (PEPC).

    "Secepatnya kami agendakan untuk bertemu dengan PEPC dan PT Rekind untuk menyerahkan data pekerja dan pengusaha yang sudah dilibatkan," tandas politisi PKB itu.

    Baca Lainnya :

      Pihaknya berharap, keberadaan proyek gas JTB memberi dampak positif bagi warga Bojonegoro termasuk sekitar operasional. Tidak hanya pekerja, namun juga pengusaha lokal harus dilibatkan dalam pekerjaan.

      "Kami melihat ada iktikad baik dari PT Rekind dalam menggandeng Pemkab Bojonegoro dan pemdes namun tetap harus diawasi," tukasnya.

      Site Manager PT Rekind, Zainal Arifin mengatakan jumlah naker proyek JTB sekarang ini mencapai 4.700 orang. Terdiri dari pekerja skill, semi skill, dan unskill. Mayoritas pekerja adalah warga lokal Bojonegoro, dan dari luar daerah hanya 31 persen.

      "Yang kami maksud lokal adalah seluruh wilayah di Kabupaten Bojonegoro," kata Zainal.

      Menurutnya lokal tidak berarti hanya wilayah atau desa ring satu proyek JTB yang berada di Kecamatan Ngasem,  Purwosari dan Tambakrejo. Tetapi juga warga dari kecamatan lain di Bojonegoro.

      "Ya lebih dari tiga ribu naker kami merupakan masyarakat Bojonegoro. Saat ini kami sedang mengerjakan proyek sipil," pungkasnya.(rien)



      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more