Dua CJH Tak Lolos Tes Kesehatan

Senin, 15 Agustus 2016, Dibaca : 497 x Editor : samian

SuaraBanyuurip.comAli Imron

Tuban - Dinas Kesehatan (Dinkes) Tuban, Jawa Timur, memastikan dua Calon Jamaah Haji (CJH) yang mengikuti tes kesehatan pada tanggal 25 sampai 28 Juli 2016 lalu gagal melaksanakan rukun Islam terakhir. Alasannya kesehatan kedua CJH tersebut tidak memungkinkan, dan beresiko untuk berangkat ke tanah suci Makkah.

“Ada dua CJH yang tidak memenui syarat istitaah kesehatan haji tahun ini,” kata Kepala Dinkes Tuban, Syaiful Hadi, kepada SuaraBanyuurip.com, melalui surat edaran penundaan keberangkatan haji tahun 2016.

Baca Lainnya :

    CJH yang tidak lolos tes atas nama Sukarsid Bin Karmijo, warga Dusun Ngelo Rt 002, Rw 003, Desa Punggul Rejo, Kecamatan Plumpang dengan nomor porsi 1300374729. Hasil diagnosis sesuai Permenkes Nomor 15 tahun 2016 Pasal 13 ayat (2) huruf c, menyebut CJH Ca Penis Grade IV, dan diagnosa penyerta Iron Deficiency Anemia. 

    Berikutnya Nasimin Bin Sodik Rokani, warga Dusun Banjarejo Rt 015, Rw 005, Desa Banjarejo, Kecamatan Bancar dengan nomor porsi 1300386572. Sesuai Permenkes Nomo13 ayat (2) huruf a, dengan diagnosis Chronic Kidney Diseases dengan Hemodialisis Reguler, dan diagnosa penyerta mengalami Diabetes Mellitus, Hiperkolesterolmia Hiperurisemia.

    Baca Lainnya :

      “Sementara keduanya kami tunda keberangkatannya karena beresiko,” imbuhnya.

      Sementara, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Tuban, Abdul Ghofar, menjelaskan, keduanya memiliki riwayat penyakit yang membahayakan dirinya sendiri apabila dipaksakan berangkat haji.

      Tahun depan keduanya berkesempatan beribadah di tanah suci dengan catatan, sudah sembuh dari jenis penyakit yang tergolong dalam Permenkes Nomor 15 tahun 2016.

      “Sesuai regulasi bagi CJH yang tidak memenuhi syarat istithaah kesehatan harus di tunda keberangkatannya,” sambungnya.

      Selain menjalani tes kesehatan, Dinkes juga diberikan vaksinasi meningitis gratis dan Influensa berbayar bagi CJH yang memerlukan. Upaya tersebut dilakukan setiap tahun, sehingga selama beribadah daya imun CJH tetap kuat menghadapi perubahan cuaca. 

      Sementara, ada 792 CJH Tuban yang dipastikan berangkat ke Makkah tahun ini. Untuk keberangkatannya dijadwalkan tanggal 26 dan 27 Agustus 2016 dari Alun-alun Kabupaten Tuban. (Aim)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more