EMCL Pastikan Operator Juru Ikat Beban Tersertifikasi di LSP PPSDM Migas

Selasa, 14 September 2021, Dibaca : 327 x Editor : nugroho

ppsdm migas
TINGKATKAN KOMPETENSI : Pekerja EMCL ikuti pelatihan dan sertifikasi Operator Juru Ikat Beban di LSP PPSDM Migas secara daring.


SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Kompetensi Rigger memegang peranan penting dalam pekerjaan menggunakan pesawat angkut. Keahlian dan kompetensi seorang Rigger dapat berfungsi untuk mencegah terjadinya kecelakaan dalam pemindahan beban dengan metode pengikatan yang aman. Oleh karena itu PPSDM Migas bekerja sama dengan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), operator Lapangan Minyak Banyu Urip, Blok Cepu, menyelenggarakan pelatihan Juru Ikat Beban, yang diikuti oleh pekerjanya. Pelatihan tersebut diselenggarakan selama dua) hari, Senin sampai Selasa (13-14/9/2021).

Selama mengikuti pelatihan tersebut, peserta mendapatkan materi berupa Dasar Rigging dan Teknik Pengikatan Beban, Pengetahuan Alat Bantu Angkat, K3 Industri Migas, Keselamatan Kerja Rigging, Material Handling & Hand Signal, Dasar rigging/signal man & pengetahuan pesawat angkat. 

Baca Lainnya :

    Sudarto, salah satu pengajar dalam pelatihan tersebut mengungkapkan bahwa tujuan dari pelatihan ini adalah memberi bekal kepada peserta sehingga dapat memahami tentang teori praktis operasi ikat beban di kegiatan industri migas sesuai dengan standard operating prosedur.

    “Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta pelatihan mampu menjadi Operator Juru Ikat Beban yang mumpuni dan mampu membantu Operator Crane dalam Lifting dan memberikan Hand signal dengan benar dan standart serta dapat mengidentifikasi beban sebelum pemindahan (lifting) dilaksanakan," tutur Sudarto ketika dihubungi melalui pesan singkat, Senin (13/09/2021).

    Baca Lainnya :

      Sudarto menambahkan, setelah mengikuti pelatihan tersebut, peserta juga akan mengikuti ujian sertifikasi Juru Ikat Beban.

      Raymond Alvin, salah satu peserta pelatihan mengungkapkan, ilmu yang disampaikan dalam pelatihan tersebut sangat menunjang bidang pekerjaannya dan materi yang disampaikan sangat bermanfaat sekali.

      “Dalam pelatihan ini kami mendapatkan banyak materi yang sangat menunjang pekerjaan kami di kapal, antara lain adalah ilmu tentang keselamatan kerja, proses pemindahan (lifting) yang aman, serta kerjasama yang baik antara operator Crane dan Rigger dalam proses pemindahan (lifting)," tutup Alvin.(adv/suko) 


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more